Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pelumas yang Baik di Mata Pebalap Cantik Indonesia

Stanly Ravel - Kamis, 9 Juni 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Pelumas mesin mobil memiliki peran penting untuk melindungi dan menjaga performa kendaraan, karena itu tidak boleh sembarang memilih oli yang akan digunakan. Ada beberapa langkah untuk menentukan pilihan oli yang baik sebelum digunakan, apalagi saat ini banyak merek dan jenis yang ditawarkan.

Alexandra Asmasoebrata, sebagai pebalap Asian Formula Renault (AFR) wanita pertama di Indonesia menyampaikan, bahwa sebenarnya memilih oli mobil yang baik cukup mudah, yakni dengan mencocokan dengan kebutuhan mesin mobil yang digunakan.

"Pelumas itu berfungsi untuk melindungi dan membuat kinerjanya mesin lebih optimal. Sebenarnya simple saja pilih oli yang baik, yakni dengan menyesuaikan spesifikasi mesin mobil yang digunakan. Caranya gampang, tinggal melihat buku manual dikendaraan dan lihat spesifikasi oli yang direkomendasikan," ucap wanita yang akrab disapa Andra kepada Otomania dalam acara Mobil 1 Vaganza di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurutnya, saat ini tidak sedikit pengguna mobil yang asal dalam memilih oli. Artinya mereka tidak peduli dan hanya mementingkan bahwa mesinya sudah diisi pelumas tanpa tahu dan mengerti apakah oli yang digunakan cocok atau tidak.


Kasus tersebut merupakan sifat yang buruk, karena dengan asal mengisi pelumas sama saja pemilik tidak sayang dengan mobilnya. Kerugian dalam hal materi pasti dirasakan, karena efek asal-asalan dalam memberikan pelumas pada mesin mobil.

"Mesin mobil saat ini sudah canggih dan modern, karena itu butuh pelumas yang bisa mengimbangi kebutuhan dari teknologi yang digunakan. Intinya adalah membuat mesin itu bekerja seperti mesin baru meski bukan mobil baru. Oli itu wajib bekerja optimal saat di cuaca panas maupun dingin," ucap Andra.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa