Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Rawat Lapisan Krom di Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 24 Juni 2016 | 14:05 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik sepeda motor yang memiliki bagian berlapis krom pada sepeda motornya, musim hujan yang masih berlangsung seperti sekarang ini bisa jadi musuh besar. Air hujan dapat menyebabkan kilau krom memudar dan karat menempel pada bagian sepeda motor yang dilapisi krom.

“Barang dilapisi krom itu jatuhnya lebih sensitif terhadap karat. Perawatannya sebenarnya mudah, asal tidak malas saja terlebih di musim yang cuacanya berubah sepert saat ini,” ucap Yanto dari Cahaya Mutiara 2 Cipinang kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Setelah sepeda motor digunakan habis hujan, jangan langsung mencuci kendaraan. Biarkan suhu mesin turun terlebih dulu setelah itu baru memulai proses cuci.

Untuk bagian mesin, gunakan air yang mengalir. Jangan dengan air bertekanan. Ini untuk menghilangkan kotoran seperti pasir dan lumpur yang biasanya menempel di bagian bawah sepeda motor.

Pakai kuas dengan campuran sabun pencuci piring untuk membersihkan kotoran tersebut sambil masih dibantu dengan semprotan air mengalir. Jangan gunakan obat poles karena dapat mengikis lapisan krom.

Setelah proses membersihkan selesai, cara mengeringkan bagian krom ada dua cara. Pertama bisa menggunakan lap halus dan kedua bisa menggunakan tisu. Khusus tisu penggunaannya karena lebih cepat menyerap air dan bisa digunakan untuk bagian yang susah dijangkau dengan lap halus.

“Proses pengeringan ini juga jadi tahapan penting. Pastikan setelah proses lap, bagian krom benar-benar kering. Cek pada bagian baut atau sela yang tidak terlihat. Jika masih ada air tersisa dan mengendap biasanya bisa jadi kerak dan dapat merusak lapisan krom,” ucap Yanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa