Scorpio Lebih Kalem dengan Konsep Jap Style

Stanly Ravel - Rabu, 22 Juni 2016 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania - Beda dengan konsep biasanya, Yamaha Scorpio lansiran 2012 karya Hantu Laut ini terlihat lebih bersih dengan konsep Classic Jap Style. Meski terlihat sederhana, tapi pada dasarnya ubahan yang dilakukan cukup banyak.

Hampir semua sektor kecuali mesin sudah tidak lagi menggunakan komponen standar bawaan pabrik. Semuanya diubah dengan ragam part kustom serta aksesori guna menunjang kesan aliran retro Jepang.

Seperti biasa, pengerjaan utama fokus pada pembenahan sektor rangka. Agar dimensi lebih persisi ketika menggunakan jok model single seat maka sebagian buntut belakang harus dipapras, namun kembali dirapikan agar sasis tetap kuat.


Setelah itu, giliran merapihkan sektor kaki-kaki. Agar roda terlihat lebih kokoh, maka pelek dan ban diubah menggunakan dimensi yang lebih besar, yakni 135-400 ring 17 pada bagian depan dan 135-450 ring 17 pada bagian belakangnya.

Akibat pemasangan roda yang lebih gambot ini, sok depan dan belakang turut diganti dengan model aftermarket yang memiliki ruas lebih lebar dan tabung lebih kekar, selain itu sok tunggal pun sudah tidak digunakan lagi.


Selesai dengan urusan kaki-kaki tinggal bagian penyesuaian, yakni kustom tangki yang dibuat secara handmade. "Supaya lebih berkarakter, dibikin lekukan ke dalam tepat pada bagian tengah tangki. Ini juga bikin motor terlihat lebih klasik," ucap Donny kepada Otomania beberapa waktu lalu.


Bahkan Donny ikut membuat cover untuk bagian samping penutup aki serta spakbor depan belakang menggunakan plat galvanis. Selesai dengan itu, tinggal memasang aksesori penunjang, mulai dari head lamp bulat, seain, knalpot kustom, sampai kaca spion yang menguatkan kesan klasiknya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa