Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enak Mana Dimodifikasi, Yamaha Scorpio atau Honda Tiger?

Stanly Ravel - Senin, 6 Juni 2016 | 13:31 WIB

Jakarta, Otomania - Modifikasi bertema old school atau retro masih cukup digemari saat ini. Salah satu alasan kuat yang membuatnya masih eksis adalah karena model dan ragamnya yang masih berpotensi untuk dikembangkan.

Umumnya ada dua model sepeda motor yang sering menjadi basis dari modifikasi old school, yakni Yamaha Scorpio dan Honda Tiger. Meski demikian, keduanya memiliki sisi plus dan minus untuk dimodifikasi.

Donny, punggawa dari bengkel modifikasi Hantu Laut, mengatakan baik Tiger atau Scorpio memang memiliki basis yang enak untuk dikustom, tapi pilihannya tergantung selera karena keduanya juga memiliki beberapa kelemahan.


"Modifikasi pakai Tiger atau Scorpio memang lebih baik dibandingkan menggunakan basis motor lawas, seperti Honda CB. Tapi keduanya juga punya kelebihan masing-masing, contoh Tiger kelebihannya punya sasis rangka yang bisa diaplikasi oleh jenis motor laki Honda model apa saja, sedangkan Scorpio rangkanya lebih kokoh karena besi pegangan dengan model double jadi kalau dimodifikasi cafe racer, atau scrambler terlihat lebih berisi," ucap Donnya, kepada Otomania, Senin (30/5/2016).

Menurut Donny, dari sisi modern Scorpio lebih unggul dibandingkan Honda Tiger. Mulai dari sektor kaki-kaki yang sudah mengusung mono shock, sampai mesin yang berkapasitas lebih besar.

Hal serupa juga diutarakan oleh Topo dari Taucho Custom, Scorpio lebih terlihat keren bila dimodifikasi karena basisnya sudah terlihat kekar. Namun, Topo mengatakan bahwa secara suku cadang Tiger lebih mudah dicari dibandingkan Scorpio.


"Scorpio masih sedikit mahal suku cadangnya, apalagi menyangkut soal komponen mesin. Enaknya Tiger suku cadang banyak yang lebih murah dan bisa dikanibalisasi dengan mesin Honda lainnya. Tapi kalau bicara soal modifikasi tergantung selera, mau pakai apa saja sebenarnya bisa, tinggal masalah dana dan pengerjaannya saja," ucap Topo di waktu yang sama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa