Scorpio Minimalis dengan Konsep "Naked"

Stanly Ravel - Selasa, 24 November 2015 | 10:11 WIB

Jakarta, Otomania - Modifikasi cafe race pada sepeda motor memang tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan seiring berjalannya waktu banyak konsep baru yang dituangkan, ada yang model klasik sampai minimalis seperti hasil garapan Donny Hantu Laut dengan Yamaha Scorpio lansiran 2006 ini.

Bila melihat sekilas memang konsepnya sederhana, tapi penyematan kombinasi kustomnya cukup merata. Dari sisi tampilan Scorpio standar sudah tidak ada lagi, karena konsepnya lebih ke naked bike tanpa cover apapun.

Seperti biasa, rangka di bagian belakang menjadi salah satu sektor yang selalu dipotong, tapi bedanya Donny membuatnya lebih rapi dengan menyambungkan kedua sisi dengan pipa berbentuk "U".

"Selain supaya terlihat lebih rapi, dibentuk seperti ini supaya rangka tetap kokoh dan tidak pincang atau miring sebelah nantinya," ujar Donny saat ditemui Otomania di bengkel yang berada di kawasan Cipete, Jakarta-Selatan, Senin (24/11/2015).

Selesai dengan rangka, giliran tangki dan jok yang dibuat secara handmade kustom. Bedanya, tangki tidak dipapas habis seperti modifikasi cafe racer umumnya, hal ini dikarenakan pemilik lebih menyukai model besar dengan sisi yang mengembung yang diangap lebih pas saat dikendarai dengan setan model clubman.

Memperkuat tampilan kustom cafe racer, kaki-kaki juga ikut dibuat berotot. Mulai dari knalpot kustom dipercantik dengan lapisan krome, penyematan shock limbah Thailand di bagian depan sampai aftermarket di bagian belakang.

Setelah itu ban bertapak lebar pun juga turut menjadi penghias dengan dimensi 140/80 16 inci di bagian depan belakang dengan lebar pelek 3,5 inci.

Guna memberikan kenyamaan dalam berkendara, tombol starter kendaraan tetap dipertahankan. Bahkan kelengkapan jalan raya juga tetap digunakan, mulai dari headlamp sampai lampu sein yang menggunakan parts aftermarket dan berfungsi dengan baik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa