Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaga Kondisi Karet Wiper

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 7 Juni 2016 | 11:25 WIB

Jakarta, Otomania – Wiper merupakan bagian kendaraan yang langsung berhubungan dengan kaca yang berfungsi membersihkan saat musim hujan tiba. Kemampuan wiper membersihkan kaca membuat jarak pandang terlihat jelas dan mengindari terjadinya kecelakaan.

Untuk itu perawatan komponen wiper menjadi sangat penting. Misdi, mekanik Duta Mas Fatmawati mengungkapkan, meski memiliki fungsi yang cukup penting namun sering kali perawatan terhadap wiper dilupakan.

“Wiper itu karet, musuh karet adalah panas dan keadaan aus atau getas. Cara mudah merawat wiper adalah sering ditegakkan saat sedang parkir dan hindari terlalu lama bersentuhan dengan kaca saat panas,” ucap Misdi.

Misdi mengungkapkan, pemilik kendaraan baiknya mengecek karet wiper secara berkala. Disarankan setiap enam bulan sekali. Jika karet wiper sudah keras maka fungsinya untuk membersihkan kaca tidak lagi maksimal dan menimbulkan jarak pandang yang berkurang akibat titik-titik air tidak dibersihkan dengan sempurna.

“Saat ini ada beragam produk wiper di pasaran. Pilih yang terjamin kualitasnya. Selain itu jangan operasikan wiper saat kaca penuh debu atau kotoran yang mengering. Biasanya akan merusak karetnya,” ucap Misdi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa