Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Air Wiper Tak Menyemprot, Ini Masalahnya!

Stanly Ravel - Jumat, 6 Mei 2016 | 07:09 WIB

Jakarta, Otomania - Air wiper digunakan bukan hanya sebagai pelumas untuk karet yang menyapu kaca, tapi juga sebagai cairan pembersih. Seiring masa penggunaannya, saluran wiper juga bisa mengalami masalah.

Contoh, mulai dari semprotan yang kecil atau sama sekali tidak keluar. Kondisi ini biasanya disebabkan karena ada saluran air yang tersumbat. Tetapi, masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan air wiper tidak keluar dari nozzel.

"Umumnya memang karena tersumbat, tapi baiknya dicek secara keseluruhan agar pasti. Mulai nozzel, saluran spray wiper, kondisi tabung, sampai dinamo motor pompa," ucap Raja Nami Siregar kepala bengkel Auto2000 Cileduk kepada Otomania, belum lama ini.

Cek kondisi slang sprayer yang ada di kap mesin, umunya tipa mobil posisinya berbeda-beda. Hal ini untuk memastikan kondisi slang masih bagus, tidak bocor, lepas, atau terlipat yang membuat air tidak keluar.


Selanjutkan, bisa dilanjutkan dengan mengecek kondisi tabung washer. Bila kondisinya sudah kotor dan berlumut juga bisa menimbulkan sumbatan, baik dari selang sampai bagian nozzel.

"Kalau berlumut segera dikuras, biasanya lumut datang karena pemilik menggunakan campuran detergen pada cairan. Kalau masih tidak bisa, langsung cek kondisi sekring, bisa jadi karena sekring dinamo motor pompa yang putus," kata Nami.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa