Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Bersihkan Sendiri Nozzel Wiper

Stanly Ravel - Jumat, 20 November 2015 | 08:30 WIB

Jakarta, Otomania - Meski volume turunya hujan belum terlalu sering tapi baiknya bagi pemilik mobil segera melakukan pengecekan. Nah, bagi yang belum sempat pergi ke bengkel, anda juga dapat melakukan pengecekan sekligus perawatan ringan yang bisa dilakukan sendiri.

Perawatan di sini sifatnya dasar, tapi efeknya sangat bermanfaat apalagi di musim hujan. Hal-hal kecil yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan membersikan beberapa komponen yang jarang digunakan, seperti air wiper sampai nozzel wiper.

"Bila belum sempat ke bengkel, usahakan untuk mengecek air wiper dan nozzelnya, kedua komponen ini akan sangat berperan di musim hujan," ucap Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang kepada Otomania, Kamis (19/11/2015).

Kedua komponen tersebut kemungkinan besar jarang digunakan, tapi saat ini fungsinya sangat diperlukan. Kondisi air wiper yang sudah lama tidak digunakan tinggal dikuras dan diisi baru, dengan cairan khusus yang mengandung sabun. Sebisa mungkin tabung air (resevoir) juga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diganti dengan cairan baru.

Selain itu nozzel wiper juga wajib diperhatikan. Kondisi jalan berdebu dan teriknya matahari di musim lalu bisa membuat lubang nozzel tertutup debu sehingga suplai air tersumbat ketika digunakan.

"Ini sangat mudah untuk dibersihkan, tinggal siapkan peniti atau jarum lalu tusuk ke lubang nozzel. Biasanya bila ada kotoran akan terasa sedikit keras. Kotoran yang yang menyumbat lubang nozzel bukan hanya datang dari eksternal, tapi juga bisa dikarenakan kotoran pada tabung," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa