Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cermati 8 Bagian Mobil Saat Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 2 Juni 2016 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania – Musim hujan yang sampai saat ini terus berlangsung membutuhkan kesiapan dari pemilik kendaraan. Pemilik kendaraan wajib untuk selalu melakukan pengecekan pada beberapa bagian pada kendaraan yang bekerja ekstra di saat hujan. Juga persiapan peralatan dan perawatan tambahan untuk menghadapi musim hujan.

Otomania merangkum komponen-komponen apa saja yang wajib diperiksa, dirawat dan diganti selama musim hujan tiba.

1. Wiper

Komponen ini jelas berhubungan dengan air. Fungsinya adalah menyingkirkan air dari kaca kendaraan. Seringkali karet pada bilah wiper sudah getas dan tidak mampu menyingkirkan air dengan maksimal. Akibatnya pandangan pada kaca terhalang bekas air. Periksa kondisi wiper saat musim hujan dan segera ganti jika kerjanya sudah tidak maksimal.

2. Ban

Ban adalah kaki kendaraan yang bertugas sangat penting menjaga kendaraan tetap menapak di aspal saat hujan. Bila ban sudah aus atau tekanan ban tidak sesuai standar, kemungkinan timbul mobil selip semakin besar dan membahayakan pengemudi. Periksa secara berkala tekanan ban dan kondisi tapak ban saat musim hujan.

3. Lampu Kendaraan

Lampu kendaraan saat musim penghujan memiliki tambahan fungsi yakni untuk membantu jarak pandang pengemudi yang terhalang air. Pastikan tidak ada lampu pada kendaraan yang tidak berfungsi, terpenting adalah lampu depan dan lampu belakang, termasuk lampu sein dan lampu pada foglamp kendaraan.

4. Karet pada kendaraan

Periksa kondisi karet-karet pada kendaraan seperti pada pintu-pintu. Karet yang kondisinya sudah tidak baik bisa membuat air merembes ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara berkurang.

5. Penghilang embun pada kabin atau defogger

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa