Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertalite Bisa Kalahkan Premium dan Pertamax

Stanly Ravel - Sabtu, 4 Juni 2016 | 08:30 WIB

Jakarta, Otomania - Menghadapi musim mudik tahun ini, PT Pertamina memprediksi tingkat konsumsi bahan bakar akan meningkat drastis. Selain Premium dan Pertamax, Pertalite akan jadi jenis BBM yang paling diminati.

Wianda Pusponegeoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan kenaikan Pertalite akan lebih besar dari kedua jenis BBM lainnya.

"Kalau dari tren kami memperediksi Pertalite akan cukup tinggi dibandingkan Premium dan Pertamax. Kenaikan bisa melonjak drastis dari hari-hari biasa," ucap Wianda kepada Otomania, Jumat (3/6/2016).

Menurutnya, selain digemari oleh pemilik mobil, Pertalite juga saat ini cukup tinggi dikonsumsi motor. Bahkan jumlah untuk pengguna hariannya sudah bisa menandingi bahan bakar Premium.

Proyeksi penggunaan Premium selama H-15 hingga H+15 Lebaran naik hingga 15 persen dari rata-rata harian 71.906 Kl menjadi 82.496 Kl. Sedangkan untuk Pertamax kenaikannya mencapai 17 persen dengan suplai harian menjadi 12.000 Kl. Untuk Pertalite sendiri Pertamina memperkirakan naik 43 persen dengan total harian menjadi 10.200 Kl.


"Kenaikan ini akan menjadi tren selama Lebaran, apalagi penjualan mobil dan motor juga ikut meningkat tiap bulannya. Pertalite menjadi pilihan BBM karena memiliki kualitas yang lebih baik, tapi harga lebih terjangkau," ujar Wianda.

Solar Turun

Beda cerita dengan konsumsi bahan bakar Solar untuk mesin diesel yang malah mengalami penurunan. Pertamina memprediski solar akan turun hingga 12 persen, dari normal harian 35.173 Kl menjadi 31.118 Kl.

"Solar turun karena biasanya jelang beberapa hari mau mudik truk industri sudah tidak boleh lagi beroperasi kecuali untuk BBM dan sembako. Selain itu pengguna bus antar kota juga makin berkurang," kata Wianda.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa