Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengapa Harus Servis Mobil Jauh-jauh Hari buat Mudik?

Donny Apriliananda - Selasa, 31 Mei 2016 | 14:01 WIB

Jakarta, Otomania – Sejumlah agen pemegang merek mulai menggelontor program servis buat mempersiapkan mobil jelang mudik Lebaran. Cukup jauh jarak waktu jika diukur dari hari-H Lebaran, namun inilah cara yang dianggap tepat untuk mengingatkan akan kesehatan mobil yang dipakai mudik.

Menurut Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa sebenarnya yang paling penting adalah menyiapkan mobil dalam kondisi paling fit sebelum mudik.

Soal servis yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H mudik, dikatakan Iwan untuk mengantisipasi antrean bengkel dan ketersedian suku cadang.

”Bengkel pasti heboh kalau musim mudik seperti ini. Jadi stok suku cadang dan pengaturan booking memang harus pas,” ucap Iwan kepada Otomania, (31/5/2016).

Soal kesehatan mobil, Iwan menjelaskan bahwa servis menjelang mudik penting dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal berikut ini:

1. Persiapan agar tak terjadi hal-hal yang diinginkan selama mudik. Misalnya mogok, apalagi terkait panas mesin. Potensi macetnya sangat besar.


2. Keamanan, terutama sekitar rem. Servis akan memastikan kinerja rem saat sedang dibutuhkan.


3. Kelengkapan, yang ujung-ujungnya juga untuk keamanan. Misalnya, pembersih kaca, lampu-lampu, yang akan sangat berjasa saat malam hari.


4. Kenyamanan, misalnya AC dan audio. Performa AC yang baik akan mengobati rasa bosan, apalagi ditambah dengan audio yang tokcer.

”Semua itu sebenarnya bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga menjaga keselematan dan kenyamanan untuk pengendara lain,” ujar Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa