Cegah Ban Bocor dengan Cairan Penambal

Febri Ardani Saragih - Senin, 30 Mei 2016 | 10:53 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Masalah paku di jalan alias “ranjau darat” pasti sangat menjengkelkan. Sekalinya kena ban di jalan, biker rugi karena harus kehilangan waktu plus uang buat memperbaikinya. Sebenarnya, tidak perlu sampai begitu bila ban sudah diamankan dengan cairan penambal.

Sekarang produk cairan penambal sudah banyak di pasaran, salah satunya IML Super Tyre Sealant yang ditawarkan PT Tetsan Maju Bersama (TMB). Produk ini dimasukan ke dalam ban lewat saluran udara.

Mekanismenya, cairan akan langsung menutup lubang bila paku yang menancap dicabut. Cairan dengan formula khusus itu menyebar mengikuti kebocoran atau sumber hilangnya tekanan udara.

Satu botol kecil IML Tyre Sealant untuk satu ban sepeda motor, 350 ml, dijual Rp 27.000. Botol lebih besar, 500 ml, dibanderol Rp 33.000. TMB untuk ban mobil juga tersedia, ukurannya 500 ml untuk satu ban dijual seharga Rp 85.000.

Philip Buulolo, Sales & Marketing TMB saat ditemui di Otobursa Tumplek Blek, Minggu (29/5/2016), di Senayan, Jakarta, mengatakan, IML Super Tyre Sealant bisa didapat di toko Federal dan bengkel-bengkel pinggir jalan.

Penggunaan produk seperti ini lebih cocok buat tindakan pencegahan bukan untuk darurat.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X