Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catalunya Jadi Ajang Pembuktian Rio Haryanto

Stanly Ravel - Jumat, 13 Mei 2016 | 17:22 WIB

Jakarta, Otomania - Rio Haryanto siap melanjutkan balap Formula 1 (F1) di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (15/5/2016). Catalunya bukan menjadi sesuatu yang baru bagi pemuda berusia 23 tahun asal Indonesia ini, sebelumnya Rio sudah pernah berlaga di sini, bahkan saat sesi pengetesan resmi di awal tahun pun dilakukan di Catalunya.

Momen balap kali ini menjadi waktu tepat bagi Rio menunjukan perkembangan dirinya setelah melewati empat race sebelumnya. M Wahab S, pengamat Formula 1, mengatakan bahwa bila masih ada yang sangsi dengan perkembangan Rio silakan pantau saat ia bermain di Catalunya.

"Ini jadi waktu untuk Rio menunjukan perkembangannya. Waktu official test jelang awal musim 2016, pengetesan dilakukan di Catalunya, dimana waktu itu Rio baru pertama kalinya mengendarai mobil. Sekarang waktunya membandingkan perkembangan Rio dari sejak ia pertama masuk ke F1 sampai benar-benar race di Catalunya, ini momen baik karena jarang sekali ada kesempatan dalam satu musim bisa race di sirkuit yang sama," papar Wahab kepada Otomania, Kamis (12/5/2016).

Menurut Wahab, selain dari balap resm, untuk membandingkan kemajuan Rio sudah bisa dipantau sejak dari sesi latihan bebas hari ini, Jumat (13/11/2016). Caranya cukup dengan bandingkan perolehan waktu dari awal musim dengan hasil yang didapat saat ini.


"Menurut saya Rio sudah mengalami perkembangan drastis, terutama soal adaptasi dengan mobilnya. Bila nanti saat latihan waktu Rio bisa lebih cepat dari saat awal ia tes resmi, hal ini sudah menunjukan progres yang baik, apalagi bila waktunya bisa melebihi waktu Pascal saat tes resmi lalu, sudah bisa dipastikan Rio berkembang pesat," ucap Wahab.

Bahkan dilansir dari Formula1.com, Rio mengatakan cukup optimis bertarung di sirkuit Spanyol mengingat salah satu instrukturnya juga berasal dari Spanyol yang sudah mengenal dengan baik karakter sirkuit Catalunya.

"Saya cukup menyukai kota Barcelona, salah satu instruktur saya berasal dari sini, jadi soal karakter sirkuit saya sudah mendapat input besar," ucap Rio, (12/5/2016).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa