Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Strategi Ban Rio buat GP Spanyol

Stanly Ravel - Kamis, 12 Mei 2016 | 07:05 WIB

Spanyol, Otomania - Rio Haryanto siap berlaga kembali di Formula 1 (F1) GP Spanyol di Sirkuit Catalunya akhir pekan ini, Minggu (15/5/2016). Meski sesi latihan bebas pertama baru dimulai pada hari Jumat (13/5/2016), tapi pebalap asal Indonesia ini sudah menentukan pilihan ban yang akan digunakannya.

Rio akan menggunakan dua ban hard, lima ban medium, dan enam ban soft. Komposisi pilihan ban ini juga digunakan oleh rekan satu timnya, Pascal Wehrlein.

Seperti diketahui pilihan ban menandakan strategi yang digunakan oleh para pebalap F1 ketika memacu jet darat di lintasan balap. Bila melihat dari pilihan ban yang digunakan Rio, ini menjadi momen pertama Rio menggunakan tipe ban berkompon keras (hard).

Sirkuit Catalunya digadang-gadang memiliki karakter yang berbeda dari empat sikruit sebelumnya. Lapisan aspalnya bersifat abrasi, artinya membuat kompon ban lebih cepat terkikis dan habis, karena itu Pirelli menentukan penggunaan ban dengan kompon keras di Sirkuit ini.


Komposisi penggunaan ban yang dipilih Rio dan Pascal dengan lebih dominan ke ban medium. Ini memandakan keduanya lebih mengutamakan durabilitas. Bila dikaitkan dengan karakter sirkuit makan hal ini cukup baik.

Selain tim Manor, beberapa pebalap lain juga menerapkan strategi ban yang sama, terkecuali untuk Ferrari dan Haas yang cenderung bermain agresif dengan membawa delapan ban soft yang terbanyak diantara tim lainnya.

Jadwal GP Spanyol sesuai waktu Indonesia

Latihan Bebas 1 Jumat 15:00-16:30
Latihan Bebas 2 Jumat 19:00-20:30
Latihan Bebas 3 Sabtu 16:00-17:00
Kualifikasi   Sabtu 19:00-20:00
Race           Minggu 19:00


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa