Pembelajaran Pebalap Indonesia di Ajang CEV Moto3 Junior

Donny Apriliananda - Minggu, 8 Mei 2016 | 14:19 WIB

Le Mans, Otomania – Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, melampaui tahapan berikutnya dalam ajang CEV Moto3 Junior World Championship di sirkuit Le Mans, Perancis, Sabtu (7/5/2016). Impiannya mencetak poin pertama di kejuaran dunia ini memang belum diraih, tapi semakin dekat.

Andi Gilang mengakhiri balapan pada posisi ke-17 dari 31 pebalap lintas benua yang berlomba pada seri kedua ajang balap bergengsi ini. Sebelumnya pada seri perdana di Valencia, Spanyol, dirinya belum berhasil mencetak poin karena terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Meskipun sebelumnya tidak memiliki pengalaman menaklukkan Le Mans, sirkuit legendaris MotoGP, pebalap muda kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan ini beradaptasi dengan cepat dan meningkatkan kompetensi balapnya yang menjadi bekal di balapan berikutnya.

Setelah start dari posisi ke-17, Andi memperbaiki posisi hingga ke-15 pada lap ke-2. Peningkatan prestasi ini tercatat signifikan mengingat pada seri sebelumnya dia gagal mengakhiri balapan pada lap pertama. Dia mencatat kecepatan tinggi hingga 216,6 kpj pada lap ke-14.

Persaingan ketat mengharuskannya turun peringkat ke-18 dan beradu sengit dengan pebalap berpengalaman Gerard Riu dari Spanyol dan Marc Bezzecchi dari Italia. Pada akhirnya, Andi menuntaskan 17 lap dengan catatan waktu 30 menit 7,427 detik.

Sepanjang balapan di Le Mans, Perancis, Andi mampu memperbaiki skill balapnya dengan catatan waktu terbaik 1 menit 45,008 detik yang diraihnya pada lap ke-13. Raihan ini meningkat dari pencapaian catatan waktu terbaik saat kualifikasi yakni 1 menit 45,469 detik.

Balapan seri ketiga CEV Moto3 Junior World Championship akan digelar di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada Minggu, 29 Mei 2016 mendatang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa