Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembuktian Performa Mercy E-Class Bekas Taksi

Donny Apriliananda - Selasa, 3 Mei 2016 | 17:27 WIB

Jakarta, Otomania – Satu hal yang selalu dipertanyakan banyak orang, apakah mobil bekas taksi masih nyaman dan mumpuni untuk kemudian dibeli? Sama halnya ketika Otomania dihadapkan dengan Mercedes-Benz E200 Kompressor 2009 bekas taksi ekslusif Silver Bird.

Pertanyaan yang sama muncul saat PT Blue Bird Tbk memberi kesempatan untuk mengetesnya, (30/4/2016). Klaim perusahaan taksi terbesar di Indonesia itu, mobil boleh dibilang ”berpengalaman”, namun performa tetap terjaga berkat perawatan. Mari kita buktikan.

Sebelumnya, Otomania sudah menelusuri bagian-bagian penting sebelum dicoba. Kondisi rata-rata mobil hampir sama, odometer sudah di atas 250.000 km, namun bodi-bodi dan interior tergolong masih bersih dan rapi.

Lebih dari 20 mobil disiapkan Blue Bird untuk dites media dan karyawan menuju Megamendung, Cisarua, berangkat dari kantor pusat ”Burung Biru” di Mampang, Jakarta Selatan. Otomania berpasangan dengan media lain, plus pendamping yang merupakan karyawan senior.

Mesin dinyalakan, suara terdengar masih sangat halus. Fungsi-fungsi jok elektrik, spion, masih sangat baik. Setir yang bisa maju-mundur dan naik-turun juga berfungsi normal. Semua tampak baik, termasuk pengoperasian rem tangan yang menonaktifkannya hanya dengan menarik tombol.

Melaju

Memindahkan tuas perseneling ke posisi D, lalu mulai melaju. Hentakan mobil masih terasa beringas. Suara mesin khas W211 kompressor cukup terdengar, seperti peredaman kabin yang sudah mulai kurang prima. Sayup gesekan aspal dengan ban pun cukup terdengar.

Tiba-tiba tersadar, Otomania sedang apes. Mobil yang redaksi pakai setirnya tak center, atau harus dibelokkan ke kanan untuk melaju lurus. Sepertinya butuh proses spooring. Tentu cukup mengganggu, karena pengelihatan ke panel indikator sedikit tertutup. Namun mobil tidak oleng, atau bergerak ke kanan-kiri saat setir distabilkan.

Stop and go di jalanan padat masih sangat nyaman. Setir terasa sedikit berat, tapi ternyata ini bukan kelainan. Suryadi, karyawan pendamping yang merupakan mantan sopir Silver Bird, menjelaskan bahwa inilah ciri khas Mercy E200 Kompressor.

Lebih kencang

Masuk tol Jagorawi, Otomania sedikit meningkatkan kecepatan dan lepas dari konvoi. Performanya masih sangat baik. Tenaga masih terisi di setiap putaran, berkat mesin supercharged yang cukup canggih di zamannya. Pindah mode berkendara ke sport, mobil makin terasa galak.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa