Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Modifikasi Tanpa Dosa" Kumpul Komunitas Otomania

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 30 April 2016 | 17:18 WIB

Jakarta, Otomania - Otomania.com kembali mengadakan kegiatan Kumpul Komunitas Otomania (KKO) yang diadakan di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Sabtu (30/4/2016). Kegiatan ini diadakan secara reguler setiap akhir bulan dengan mengumpulkan berbagai komunitas kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Tema seputar kendaraan dan keselamatan menjadi topik yang diusung setiap kegiatan KKO. Kali ini, tema KKO yang diangkat adalah memodifikasi kendaraan tanpa kehilangan garansi pabrikan kendaraan.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor yang didaulat menjadi pembicara KKO kali ini mengungkapkan, hampir sebagian besar pemilik kendaraan memang ingin mengubah penampilan kendaraan mereka namun tidak mengetahui persyaratan atau bentuk garansi dari pabrikan yang akan gugur saat penggantian tersebut.

Biasanya pabrikan memberikan garansi 3 tahun atau 100.000 km. Iwan mencontohkan kerusakan audio sistem pada kendaraan baru. Tinggal datang ke diler maka akan mendapatkan penggantian produk baru tanpa biaya.

Konsep garansi terkadang tidak dimengerti oleh konsumen. Suku cadang yang berkurang karena pemakaian tidak masuk dalam garansi.

“Garansi kendaraan dari pabrikan melindungi kerusakan yang disebabkan oleh pabrikan atau cacat produk saat kendaraan diterima konsumen. Itu konsep garansi pabrikan. Ada yang datang karena karet wiper rusak atau bohlam minta diganti atau kanvas rem habis, itu tidak termasuk dalam garansi,” ucap Iwan.

Modifikasi

Perubahan pada kendaraan dengan memodifikasi juga melihat kasus per kasus. Misalkan penambahan aksesoris yang menambah beban kelistrikan atau pemasangan yang tidak benar yang akhirnya menimbulkan kerusakan pada kendaraan hal ini tidak masuk dalam perlindungan garansi.

“Ada statement kalo garansi akan hilang seluruhnya jika memodifikasi. Jika hilang semua itu tidak benar. Bagian-bagian yang tidak dimodifikasi tetap akan terlindung garansi pabrikan. Misalkan ganti pelek lalu yang rusak radio, tentu tetap ada garansi untuk mengganti radio baru,” ucap Iwan.

Untuk itu Iwan menyarankan para pengguna kendaraan untuk membaca buku panduan kendaraan. Ini agar pemilik kendaraan memahami apa saja yang terlindung garansi pabrikan atau perubahan mana yang boleh dan tidak boleh berdasarkan pabrikan.

Kegiatan KKO kali ini dihadiri oleh anggota komunitas Datsun Go+ Community Club (DGCI), Vios Limo Owner Community (VLOC), dan Toyota Veloz Community (Velozity). Acara KKO ini juga masih menggaungkan kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) yang menjadi kampanye utama Otomania tahun ini kepada komunitas-komunitas otomotif yang hadir di acara KKO.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa