Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Tanpa Hilangkan Garansi

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 28 April 2016 | 09:58 WIB

Jakarta, Otomania – Keinginan untuk mengubah tampilan kendaraan, membuat pemilik roda empat banyak melakukan modifikasi, dengan mengganti atau menambah beberapa bagian pada kendaraan. Sayangnya keputusan memodifikasi kendaraan ini sering membuat garansi lenyap, karena ubahan yang tidak sesuai rekomendasi.

Padahal jika ingin melakukan ubahan pada kendaraan, ada syarat yang dapat dipenuhi untuk tetap mendapatkan layanan garansi perlindungan dari agen tunggal pemegang merek (ATPM).

“Modifikasi itu ada dua, yang ekstrim dan juga ada yang user daily atau bisa digunakan harian. Dari ATPM pasti merekomendasikan user daily,” ucap Dolf Valentino, Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Ubahan ringan yang masih dapat digunakan sehari-hari ini yang direkomendasikan ATPM. Misalnya ukuran pelek dan ban yang diubah tapi sesuai saran dari pabrikan.

Jika ingin modifikasi yang lebih aman, gunakan produk aksesori yang dikeluarkan resmi oleh ATPM. Selain bisa lebih murah, tampilan kendaraan makin ciamik, perlindungan purnajual yang ditawarkan pun tidak akan hangus.

“Kalau mau modifikasi mudah pakai saja aksesori keluaran resmi pabrikan. Selain direkomendasi, pemilik kendaraan tidak pusing garansi kendaraan akan lenyap,” ucap Dolf.

Dolf mencontohkan, tambahan seperti foglamp (lampu kabut). Sebelumnya tidak ada ingin menambahkan agar semakin mewah. Foglamp keluaran pabrikan sudah didesain untuk mudah dipasang dan aman karena sudah tinggal pasang tanpa memodifikasi arus listrik kendaraan.

Namun tidak dapat dipungkiri, keinginan pemilik kendaraan terkadang belum tercukupi dengan aksesori yang dikeluarkan resmi pabrikan. Untuk hal ini pemilik kendaraan harus membaca buku panduan dengan seksama agar suku cadang yang digunakan tidak menggugurkan garansi pabrikan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa