Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Bemper Bisa Pengaruhi Airbag

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 11 Februari 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania –
Saat ini banyak pemilik kendaraan roda empat yang memodifikasi atau mengubah tampang asli mobil. Ini jadi tren untuk beberapa pemilik kendaraan, bahkan telah menjadi hobi yang sulit ditinggalkan.

Bagian yang sering kali jadi perhatian dan menarik untuk diubah yaitu pada bagian depan. Entah itu memodifikasi bemper atau menambahkan bemper dengan behel agar semakin terlihat sangar.

Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training  Center Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, memang sudah hak pemilik kendaraan dalam memperlakukan kendaraannya, namun perlu juga diperhatikan baik buruknya. Salah satunya ketika akan memodifikasi bagian depan mobil.

“Tentunya tanpa disadari, dengan memodifikasi akan membuat standar kendaraan tersebut berubah. Seperti ketika akan mengubah bagian depan, utamanya pada bemper, bisa saja akan membuat sensor airbag terganggu, yang posisinya ada di depan, tepat di belakang bemper,” ujar Ichsan kepada Otomania, Selasa (26/1/2016).

Ichsan melanjutkan, ketika bemper sudah dimodifikasi dengan material yang berbeda dengan aslinya kemudian terjadi benturan. Bisa saja bemper tersebut punya daya rambat getar berbeda dengan bemper asli. Sehingga membuat airbag tidak mengembang. Bemper bawan pabrik juga tentunya sudah melalui uji dan perhitungan.

“Misalnya pada satu kendaraaan, airbag akan mengembang ketika menabrak sebuah dinding yang kokoh pada kecepatan minimal 25kpj. Apabila terdapat modifikasi pada bumper dengan material berbeda, mungkn lebih tebal, tentunya getaran yang akan dirambatkan ke sensor tersebut juga akan tidak sama. Itulah yang akan mempengaruhi kerja airbag tersebut,” ujar Ichsan.

Selain mengganti bumper, lanjut Ichsan, modifikasi lainnya seperti menambahkan besi di bagian depan mobil, juga bisa sangat berpengaruh terhadap kerja airbag. “Memang selain karena memodifikasi, masih ada beberapa kasus yang bisa membuat airbag tidak bekerja. Itu harus diperhatikan,” ujar Ichsan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa