Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nonton Mobil "Adu Ngepot" di IIMS 2016

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 16 April 2016 | 13:19 WIB

Jakarta, Otomania – Ajang pameran Indonesia international Motor Show (IIMS) 2016 telah memasuki akhir pekan terakhir. Beragam acara disuguhkan pihak penyelenggara untuk menarik minat pengunjung IIMS 2016. Pada hari Sabtu dan Minggu, 16-17 April 2016 ini, perhatian utama tertuju pada gelaran motorsport di arena IIMS 2016.

Dari ajang Pertamax IIMS Drift War IV yang telah melangsungkan sesi kualifikasi sejak hari Jumat, (15/4/2016), para drifter mampu menampilkan aksi spektakuler. Lintasan kali ini dibuat dengan karakter highspeed sehingga mobil bisa dipacu hingga gigi 3 dengan kecepatan mencapai 100 km/jam.

Pada sesi kualifikasi, seluruh drifter dituntut aksi individu di atas lintasan dengan memperhatikan 3 kriteria dalam perebutan poin tertinggi dari 4 juri internasional yang berasal dari Jepang sebanyak tiga orang dan satu juri dari Malaysia.

Ketiga kriteria tersebut adalah Line (jalur pengambilan), Style (keindahan meliukkan mobilnya termasuk unsur kecepatan) serta angle (sudut pengambilan). Masing-masing unsur tersebut akan diganjar porsi objektifitas penilaian 10 persen, 5 persen dan 10 persen dari masing-masing juri tersebut.

Selain itu, layout sirkuit dibuat untuk memaksimalkan unsur hiburan bagi pengunjung. Beberapa tikungan di desain berada tepat di depan tribun penonton. Diharapkan drifter dapat memacu kendaraannya untuk menekuk maksimaldan memaksa ban digerus aspal yang memunculkan asap tebal dan suara decitan besar saat terjadi traksi ban dengan lintasan.

Inilah yang disebut Japanese Style di arena drifting. Gaya Jepang digunakan tak lain berkat sentuhan teknis juri Jepang pada pembuatan disain layout lintasan. Dengan begitu, bobot  kompetisi dan aspek hiburannya sama-sama tinggi.

“Akan sangat berbeda dengan yang selama ini kita jalankan. Babak kualifikasi berlangsung Jumat (15/4) dan final pada Sabtu (16/4). Kalaupun hujan, lomba terus digeber sepanjang unsur safety-nya terpenuhi,” kata Amroe Wahyudi, Pimpinan Lomba.

Jadwalkan akhir pekan Anda untuk melihat beragam program motorsport di arena IIMS 2016, di JI Expo Kemayoran yang berlangsung hingga 17 April 2016.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa