Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelajah di Kabin Anoa dan Komodo

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 10 April 2016 | 14:15 WIB

Jakarta, Otomania – Booth Military Zone di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, memberikan kesempatan para pengunjung untuk merasakan kendaraan tempur yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dua jenis kendaraan tempur, yakni Komodo dan Anoa, dapat di kunjungi pengunjung untuk merasakan suasana di dalam kendaraan atau jadi tempat berfoto ria.

Otomania tidak ingin ketinggalan untuk merasakan berada di dalam kendaraan tempur yang digunakan oleh Angkatan Darat ini. Pilihan pertama jatuh pada Panser Anoa.

Kendaraan ini berguna untuk membawa pasukan tempur. Ruang belakang kendaraan ini mampu membawa 10 orang tentara untuk masuk ke area peperangan. Tempat duduknya dibuat cukup praktis yakni hanya berupa rangka besi yang dilapisi kain.

Ruang bagian belakang ini terasa cukup sempit. Bisa dimaklumi karena Panser Anoa ini menggunakan pelat baja tebal anti peluru untuk melindungi tentara di dalamnya sehingga ruang kabin menjadi sempit. Suhu udara di bagian belakang ini cukup membuat gerah.

Agak sulit masuk ke bagian pengemudi Panser Anoa karena tidak ada pijakan kaki untuk dapat naik dan masuk ke kabin. Di bagian pengemudi ini, terlihat tombol operasi kendaraan serta navigasi tempur lain. Di bagian atas ruang kemudi ini ada tempat untuk prajurit menggunakan senjata serbu yang ada di bagian atas kendaraan.

Komodo

Beranjak ke Komodo, kendaraan tempur ini digunakan sebagai kendaraan serang di daerah pertempuran dan mampu membawa lima prajurit. Sebagai kendaraan perang yang berada di garis depan, Komodo membawa beragam peralatan komunikasi.

Hal ini terlihat saat memasuki ruang kemudi. Pada sisi kemudi maupun penumpang tersedia beragam tombol untuk mengoperasikan kendaraan dan komunikasi. Sudut pandang mengemudi di Komodo terasa lebih luas daripada di Anoa.

Saat duduk di bagian kemudi Komodo pun terasa cukup nyaman untuk kendaraan tempur. Akses masuknya pun cukup mudah layaknya mobil penumpang biasa.

Booth Military Zone berada di area outdoor depan Hall D, JI Expo Kemayoran.Kendaraan tempur Anoa dan Komodo ini dapat dikunjungi pada pameran IIMS 2016 hingga tanggal 17 April 2016 mendatang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa