Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencari Kendaraan yang Paling Bikin Bahagia

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 24 Maret 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania - Bahagia, menurut kamus besar bahasa indonesia, diartikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tentram bebas segala kesusahan. Lalu bagaimana definisi bahagia berkendara?

Otomotifnet.com kembali mengadakan survei yang diberi nama Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB). Survei ini diadakan pada tanggal 15 januari hingga 29 februari 2016 dan merupakan tahun kedua pelaksaannya. Puncaknya acara pengumuman di Portable Kitchen & Lounge, Whiz Prime Hotel, Kelapa Gading, pada Rabu (23/3/2016.

Survei ini coba mengajak audiens, khususnya pengguna mobil dan motor untuk menggambarkan kebahagiaan bersama kendaraannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar kebahagiaan serta kepuasan mereka dalam mengendarai kendaraan yg mereka miliki.

Koresponden yang turut serta pada survei 2016 ini sebanyak 3.086 yang merupakan pengguna kendaraan motor dan mobil berusia lebih dari 18 tahun di 30 provinsi di indonesia. Profil koresponden, pria dan wanita dengan stasus ekonomi sosial (SES) A sampai dengan C. Para koresponden ini mendapatkan kesempatan mendapatkan hadiah menarik setelah mengisi survei yang ada di Otomotifnet.com

"Indeks kebahagiaan berkendara merupakan formulasi dari kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. Kondisi kendaraan, kondisi jalan yang dilalui, sampai perilaku pengendara lain yang mempengaruhi kebahagaiaan seseorang dalam berkendara," papar Billy Riestianto, Editor in Chief Otomotifnet.com.

Survey IKB ini menggunakan formulasi yang terdiri dari indeks kepuasan berkendara yang memiliki porsi 50 persen. Ditambah dengan indeks tingkat emosi saat berkendara yang memiliki porsi 50 persen nantinya akan menjadi hasil dari IKB.

Pada dimensi indeks kepuasan berkendara, responden menjawab 90 pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan mengenai aspek kualitas fisik kendaraan, aspek kondisi fisik jalan, dan aspek perilaku pengendara lain.

Kemudian pada indeks tingkat emosi berkendara, responden menjawab 19 pertanyaan dengan tema sama mengenai aspek-aspek kualitas, kondisi dan perilaku sehingga total ada 109 pertanyaan yang harus dijawab responden.

Hasil nilai rata-rata kedua dimensi tersebut kemudian dijumlah dan dibagi dua. Hasil akhirnya ini yang kemudian disebut Indeks Kebahagiaan Berkendara.

IKB kali ini dibagi menjadi 13 kategori sepeda motor, 16 kategori mobil. Merek sepeda motor paling membahagiakan diraih oleh Yamaha, merek mobil paling membahagiakan diraih oleh Nissan, tipe sepeda motor paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Satria F150 berdasarkan perolehan persentase tertinggi 72.53 persen, dan tipe mobil paling membahagiakan diraih oleh Suzuki Ertiga dengan persentase 70.89 persen.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa