Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Akali" Asuransi buat Jaminan Rusak karena Demo

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 22 Maret 2016 | 14:46 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -
Khawatir mobil rusak tidak di jamin asuransi, karena demo atau kerusuhan, sebaiknya buka dan baca kembali klausul di dalam polis asuransi. Jika tidak ada di dalam perjanjian, maka itu bisa ditambahkan.

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra mengatakan, bukan hanya bisa dilakukan di awal pembuatan asuransi, tetapi juga bisa ditambahkan, bagi yang udah memiliki asuransi. Produk asuransi mobil apapun bisa diselipkan klausul ini.

“Bisa ditambahkan perluasan jaminan, seperti SRRC (Strike, Riot dan Civil Commotion). Jika dirasa perlu menambahkan perluasan jaminan, bisa langsung menghubungi pihak asuransinya,” ujar Iwan kepada Otomania, Selasa (22/3/2016).

Iwan melanjutkan, namun saat ingin menambah jaminan, harus bersedia mengikuti kembali prosedurnya. Karena dikhawatirkan oleh pihak asuransi, ada kecurangan yang dilakukan klien.

“Jadi biasanya, setelah menghubungi untuk perluasan jaminan, akan disurvei terlebih dahulu. Ini juga akan dikenakan biaya tambahan. Pastinya jika ingin menambahkan perluasan jaminan, bisa dilakukan oleh perusahaan asuransi,” tutur Iwan.

Maka dari itu, kata Iwan, sebaiknya periksa dan baca kembali isi dari klausul polis asuransi, untuk memastikan apakah perlu ditambahkan atau tidak. Bukan hanya bisa menbamahkan kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, tetapi juga karena angin puting beliung, tertiban pohon, banjir atau bencana lain.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa