Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Didemo Sopir Taksi, Begini Jawaban Grab Indonesia

Stanly Ravel - Selasa, 22 Maret 2016 | 12:24 WIB

Jakarta, Otomania — Aksi demo besar-besaran para pengemudi yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) berujung kericuhan. Salah satu tujuan demonstrasi adalah untuk mendesak pemerintah membekukan transportasi berbasis online, Uber dan GrabCar.

Menanggapi aksi dan tuntutan ini, pihak Grab Indonesia mengatakan bahwa pihaknya merupakan perusahaan teknologi, yang menghubungkan pengemudi dan penumpang, bukan operator layanan transportasi yang punya kendaraan.

"Grab merupakan perusahaan teknologi yang menghubungkan pengemudi dan penumpang. Kami ingin mengklarifikasi bahwa kami bukanlah operator layanan transportasi, dan kami tidak memiliki kendaraan atau armada (alat transportasi umum) apa pun. Kami bekerja sama dengan perusahaan penyedia transportasi independen dalam menghantarkan layanan GrabTaxi, GrabCar, GrabBike, dan GrabExpress kepada para pelanggan kami," ucap Dewi Nuraini, Public Relation Manager GrabBike Indonesia, dalam siaran resminya, Selasa (22/3/2016).

Menurut dia, Grab merupakan badan usaha yang legal dan terdaftar sebagai pembayar pajak. Dalam bentuk pengoperasiannya, Grab juga memiliki kriteria yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan para pengendaranya.

Semua pengemudi yang tergabung dalam jaringan Grab telah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat. Semua pengemudi memiliki izin mengemudi, dan Grab juga menyediakan asuransi bagi penumpang dan pengemudi.

"Untuk layanan GrabCar, kami hanya mengizinkan mobil di bawah umur lima tahun. Kebijakan ini melebihi ketentuan dari Perda No 5 Tahun 2014 yang menetapkan batasan maksimal umur kendaraan yang beroperasi di Jakarta, 10 tahun untuk bus, dan 7 tahun untuk taksi. Sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan standar transportasi ini, kami juga telah menginvestasikan dana sekitar Rp 50 miliar untuk program Elite Driver," ucap Dewi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa