Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Balapan, Rio Sudah Kena Penalti

Stanly Ravel - Sabtu, 19 Maret 2016 | 15:13 WIB

Melbourne, Otomania — Dampak insiden Rio Haryanto dengan Romain Grosjean pada sesi latihan resmi ketiga berbuntut merugikan bagi Manor Racing. Pebalap asal Indonesia tersebut harus menerima dua hukuman sekaligus.

Setelah dilaporkan race director kepada steward, Rio harus menerima hukuman berupa mundur tiga grid dari posisi awal start pada babak kualifikasi, dan juga penalti sebanyak dua poin.

Yang dimasud penalti, bila Rio mendapat poin dalam sesi putaran awal di Australia, maka akan langsung dipotong dua poin. Namun, bila tidak ada, maka total akumulasi poin yang didapat saat akhir nanti akan dikurangi dua poin.

Insiden terjadi saat Rio akan keluar dari garasi. Rio yang dikabarkan kesulitan untuk melihat sisi kirinya tiba-tiba menabrak pebalap dari Haas, Romain Grosjean.

Akibatnya, kedua mobil mengalami kerusakan. Namun, Rio melanjutkan sesi latihan. Sementara itu, Romain tertahan selama 30 menit karena harus mengalami perbaikan.

Dari pernyataan steward melalui surat edarannya, "Pebalap dengan nomor mobil 88 meninggalkan garasi, dan tak memperhatikan mobil lain yang datang dan berada di jalur cepat."

Akibat hukuman tersebut, Rio terpaksa harus memulai start pada GP Australia, Minggu (20/3/2016) dari posisi buncit atau ke-22.

Sebenarnya, saat kualifikasi, Rio mendapat posisi ke-21 karena catatan waktu sedikit lebih baik daripada rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa