Bagaimana memilih "Winch untuk Mobil Offroad"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 19 Maret 2016 | 07:31 WIB


Jakarta, Otomania
– Bagi penggemar kendaraan off-road tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki perangkat penarik beban atau yang lebih dikenal dengan istilah winch. Perangkat ini wajib dimiliki jika ingin mengikuti kegiatan off-road ekstrem atau hanya sekedar dipasang untuk menambah aura gahar di mobil kesayangan.

Namun bagaimana memulai memilih winch yang tepat?

Amei, dari toko khusus kendaraan 4x4 Lift Motor, Plaza Atrium, saat ditemui Otomania Jumat (18/3/2016), menjelaskan, untuk mulai memilih winch yang pertama dilihat adalah kekuatan menarik bebannya. Disarankan untuk memilih winch yang dapat menarik berat 1,5 kali berat kendaraan.

Kedua, adalah memilih jenis winch sesuai kebutuhan dan yang diinginkan. Saat ini, di pasaran umumnya terdapat dua jenis winch, yakni elektronik dan power take-off (PTO).

Winch ­elektronik saat ini yang paling mudah didapatkan. Beberapa merek seperti Warn, Chima, dan Ramsey dapat dipilih sesuai kebutuhan. Daya tariknya pun cukup banyak pilihannya yakni 3,5 ton hingga 9 ton. Winch jenis ini paling banyak diminati karena mudah untuk pemasangannya. Kekurangannya adalah perangkat ini memerlukan daya listrik yang cukup besar.

Winch PTO adalah winch yang dibuat langsung oleh produsen kendaraan atau dikenal dengan istilah original equipment manufacturer (OEM). Winch ini mempunyai kekuatan tarik yang besar dan digerakkan langsung oleh tenaga mesin  melalui sistem mekanis di gardan. Winch jenis ini tidak termasuk perangkat tambahan yang dapat dibeli sehingga harus membeli sepaket dengan kendaraan atau memodifikasi sendiri.

“Jadi winch elektronik tetap yang paling banyak dicari penggila off-road. Modelnya dapat dipilih, mau yang model gawang atau model biasa tentu dengan kelebihannya masing-masing,” ujar Amei.

Model gawang biasanya dipilih oleh penggemar kendaraan off-road karena model ini ditempatkan diluar kendaraan. Tinggal tempel pada bemper depan yang terbuat dari besi. Sedang untuk model biasa, juga ditempel di atas bemper besi namun desainnya dapat disembunyikan di dalam kotak.Ini dilakukan untuk menjaga estetika kendaraan

“Paling banyak pilih yang model gawang. Soalnya gagah, keliatan, dan pasangnya mudah,” tambah Amei.

Lantas berapa dana yang harus disiapkan untuk mendapatkan winch ini? Tergantung merek yang diinginkan. Warn, misalnya, memiliki harga mulai dari Rp 12 juta hingga RP 20 jutaan. Merek Chima mulai dari Rp 3,8 juta hingga Rp 7,5 juta.

“Semua kembali lagi dengan pilihan konsumen dan menyesuaikan dengan dana yang disediakan,” tutup Amei

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X