Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Timer" Pemutus Mesin Khusus Mobil Turbo Diesel

Stanly Ravel - Kamis, 1 Oktober 2015 | 19:42 WIB

Jakarta, Otomania - Mesin diesel dengan teknologi turbocharger memiliki daya kerja yang lebih tinggi dibandingkan mesin biasa. Oleh karena itu diperlukan perawatan yang lebih khusus pada mesin jenis ini.

Akibat daya kerja yang tinggi setelah beraktivitas, kondisi mesin akan lebih panas dan harus di kembalikan ke posisi normal. Setelah selesai berkendara, disarankan para pengguna mobil turbo diesel mendiamkan mobil dalam kondisi langsam selama 60 detik, setelah itu baru mematikan mobil. Dengan begitu, sistem pendingin yang ada pada bagian turbo akan dilindungi pelumas untuk menstabilkan kembali suhu mesin.

"Kebanyakan orang suka buru-buru ingin turun dari mobil, jadi tanpa disadari kontak langsung dimatikan. Hal ini sebenarnya tidak disarankan untuk mobil diesel, karena harus ada jeda agar putaran mesin stabil," ucap Willy dari Istana Motor Sport kepada Otomania, (1/10/2015).

Tapi sekarang tidak perlu repot, karena ada Turbo Timer yang bisa menanganinya secara otomatis. Perangkat ini khusus dibuat untuk mobil turbo diesel sebagai salah satu bentuk perawatan yang mudah diaplikasi.

"Dengan perangkat turbo timer pemilik mobil tidak perlu lagi repot waktunya terbuang untuk mendiamkan mobil sebelum mematikannya. Cukup memasang waktu yang diinginkan, meski mobil sudah pada posisi off dan ditinggal mesin akan tetap menyala dan kemudian mati seketika," ucapnya.

Untuk pilihan waktunya bisa disetel mulai dari 30 detik sampai satu 90 detik, tergantung kebutuhan saja. Di sini kita juga ada dua versi yang satu universal dan satu lagi khusus untuk Toyota Hilux dan Fortuner.

Hilux atau Fortuner dipasarkan dengan merek Portman Full yang dijual sebesar Rp 1,2 juta termasuk jasa pemasangan. Untuk yang model universal semua jenis mobil turbo diesel dipasarkan lebih murah yakni, Rp 900.000 sekaligus pasang.

Bedanya untuk Fortuner sudah ada tempat khusus yang bisa dipasang langsung melalui tombol dekat kaca spion, sedangkan yang universal harus membuat dudukan lagi. Nah, bagi yang tertarik bisa langsung kunjungi toko Istana Motor Sport di Mega Glodok Kemayoran, lt.5 no.5 Blok D8.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa