Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deretan Fungsi Lain Alarm Kendaraan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 14 Maret 2016 | 14:16 WIB


Jakarta, Otomania
– Perangkat alarm pada kendaraan merupakan alat untuk mencegah tindak kejahatan. Tapi alarm memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting bagi pengemudi.

Edi Supriadi, Kepala Mekanik Tunas Toyota Jatiwaringin, saat dihubungi Otomania, Senin (14/3/2016) mengatakan, ada tanda bunyi berbeda pada alarm yang bisa menunjukkan kondisi kendaraan.

Paling banyak dan sering kali terjadi adalah saat pintu kendaraan tidak tertutup rapat. Pemilik yang tidak mengerti tanda alarm akan bingung kenapa setelah kendaraan ditinggalkan alarm malah berbunyi.

“Biasanya suaranya berbeda. Jika menutup bunyi satu kali, jika membuka pintu bunyi dua kali, jika ada yang tidak tertutup rapat akan bunyi tiga kali. Masing-masing alarm memiliki tanda sendiri terutama pada sistem alarm yang lebih canggih,” ujar Edi.

Selain itu  alarm juga dapat memberitahukan keberadaan kendaraan terutama pada parkiran gedung yang jarang digunakan pemilik. Pemilik yang sering lupa mencatat letak parkir ditempat baru kadang mengalami kebingungan menemukan kendaraannya.

Saat seperti ini gunakan saja car calling yang tombolnya berada pada remote. Kendaraan akan membunyikan klakson untuk memberitahukan letaknya.

Manfaat lain pada alarm adalah memberi peringatan jika terjadi suatu benturan pada kendaraan. Apabila terjadi kecelakaan misalnya, alarm akan aktif untuk memberikan peringatan pada lingkungan sekeliling kendaraan agar memberikan pertolongan dengan segera.

Kasus lain adalah bila kendaraan terlibat benturan yang tidak dirasakan pengemudi, alarm akan berbunyi untuk memberitahukan pada pemilik kendaraan.

Edi menambahkan, perawatan remote alarm kendaraan juga diperlukan. Intensitas penggunaan yang cukup sering membuat baterai cepat habis sehingga fungsi buka dan tutup pintu dari jauh tidak bisa dilakukan. Jika demikian ketahui batas jarak remote yang dapat difungsikan.

“Tanda jika baterai sudah mau habis adalah jarak remote tidak bisa terlalu jauh. Penggantian baterai sebaiknya juga dilakukan di bengkel resmi untuk tetap menjamin pengerjaan dan perlindungan garansi kendaraan,” tutup Edi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa