Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siasati Transmisi Ford Fiesta agar Lebih Awet

Stanly Ravel - Jumat, 12 Februari 2016 | 13:55 WIB

Jakarta, Otomania - Perangkat transmission control module (TCM) yang dimiliki Fiesta Fiesta dan EcoSport menjadi salah satu komponen yang paling bermasalah. Terutama untuk Fiesta tahun 2012 yang masih mengusung mesin 1.6L.

Seperti yang telah diungkap sebelumnya, penyebab kerusakan bukan karena masalah pada teknologi, tapi lebih ke sisi penggunaan serta faktor kondisi jalan juga iklim di Indonesia. Meski memiliki masa pakai dan sering bermasalah, namun ada cara untuk membuatnya lebih awet.

"Salah satu cara yang bikin tahan lama adalah mengerti karakteristik pengguna sistem transmisinya. Perlu diingat fitur dual clutch pada Fiesta dan EcoSport beda karakter dengan penggunaan transmisi matik biasa atau jenis CVT," ujar Heru, Teknisi sekaligus pemilik bengkel spesialis Ford Sahabat Motor kepada Otomania, Kamis (11/2/2016).

Perlakuan saat berkendara wajib diubah, terutama yang suka membiasakan tuas transmisi pada pada posisi D ketika mobil diam, apalagi saat sedang macet di jalan tanjakan. Meski mobil tidak berjalan, kondisi ini membuat sistem transmisi terus bekerja yang juga berimbas pada sistem elektronik TCM yang terus berjalan.

Heru menyarankan baiknya pindahkan tuas ke posisi netral (N) agar hubungan antara mesin dan transmisi terputus.


Selain itu pemilik Fiesta juga memperhatikan kondisi aki pada mobil. Jangan biarkan aki berada pada posisi lemah karena bisa berdampak langsung pada TCM.

"TCM merupakan perangkat elektronik yang berkaitan erat dengan aki, kalau kondisi aki tidak prima maka bisa membaut masalah bagi TCM. Jangan biarkan aki berada di bawah 55 Amper, sering cek kondisinya maksimal dua bulan sekali. Selain itu pemilik Fiesta juga bisa memperbanyak sambungan kabel masa ke bodi mobil, hal ini berguna agar penyebaran arus listrik lebih stabil tidak hanya dari satu kabel saja," papar Heru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa