Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Pelat Nomor “Dewa” Boleh Dipakai Warga Sipil, Asal…

Aditya Maulana - Rabu, 10 Februari 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania – Sejatinya, mobil dengan pelat nomor rahasia seperti RFS, RFP, RFD, RFL, dan RFU serta masih banyak lagi yang lainnya, digunakan oleh pejabat negara atau instansi terkait. Sebab, itu merupakan kendaraan dinas yang digunakan selama jam kerja.

Tetapi, sering ditemukan mobil tersebut digunakan di luar jam kerja dan yang mengendarainya bukan sopir pribadi melainkan orang lain. Parahnya lagi, pejabat yang memiliki mobil itu tidak ada di dalam. Lantas, apakah boleh seperti itu?

“Sebenarnya boleh, asalkan orang yang mengendarainya itu masih dalam lingkup keluarga (anak kandung, adik, kakak atau sanak saudara). Namun jika di luar itu tidak boleh, karena warga sipil biasa tidak bisa memiliki pelat nomor rahasia tersebut,” ujar Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri saat dihubungi Otomania, Selasa (9/2/2016) malam.

Unggul menyarankan, karena pada dasarnya kendaraan tersebut juga memiliki nomor polisi sendiri (asli). Maka sebaiknya jika mobil itu digunakan di luar pekerjaannya, pelat nomornya dicabut dan menggunakan yang aslinya.

“Sebenarnya pelat nomor rahasia itu sudah punya nomor polisi sendiri. Jadi kalau mobilnya mau digunakan di luar jam kerja, pakailah nomor polisi aslinya,” ujar Unggul.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa