Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Modif Motor, Perhatikan Unsur Kegunaan

Stanly Ravel - Kamis, 4 Februari 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania - Tren modifikasi sepeda motor di Indonesia masih cukup kuat. Hampir tiap tahun selalu ada karya-karya baru yang lahir dari tangan-tangan modifikator lokal dengan konsep beragam aliran.

Sayangnya, ketika memodifikasi motor kebanyakan orang lebih fokus pada tampilan, sehingga melupakan fitur-fitur wajib dalam berkendara. Padahal ini menyangkut soal regulasi serta keamanan di jalan raya.

Biasanya yang kena ubahan mulai lampu utama, lampu sein, kaca spion, sampai identitasi nomor kendaraan, layaknya plat dan nomor rangka.

Donny punggawa bengkel modifikasi Hantu Laut yang biasa memermak motor dengan aliran old school, mengatakan bahwa saat akan memodifikasi baiknya orang melihat unsur kegunaan setelah di modif.


"Bila tujuan hanya untuk show off atau kontes mau tampil ekstrim tanpa perangkat standar masih oke, tapi kalau harian jangan coba-coba. Usahakan perangkat standar seperti lampu utama, sein, lampu belakang, dan plat nomor masih terpasang karena selain sebagai sarat laik jalan juga berfungsi sebagai keselamatan berkendara. Ini harus dibudayakan," ujar Donny kepada Otomania, Rabu (3/2/2016).

Menurutnya, rata-rata motor kustom yang dibuatnya masih digunakan untuk harian, maka dari itu optimalisasi perangkat standar seperti lampu utama, sein, starter, plat nomor, sampai kaca spion masih dipertahankan.

Bahkan untuk motor-motor berkapasitas 250 cc ke atas juga masih menggunakan sistem starter lengkap dengan rumah aki yang sudah dimodifikasi letaknya.


"Meski modifikasi sudah ekstrem sampai rangka dipotong, tapi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan perangkat standar berkendara, terutama lampu-lampu dan plat nomor yang sifatnya penting untuk kenyamanan dan keselamatan di jalan. Masih ada cara untuk mengakali agar lampu tetap terpasang, tapi mungkin mungkin penempatannya saja yang beda," ujar Donny.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa