Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan, Cukup Rawat Ban dengan Air Biasa

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 2 Februari 2016 | 17:45 WIB

Jakarta, Otomania —
Komponen sepeda motor yang harus dalam kondisi prima ketika musim hujan adalah ban. Meski dianggap sudah terkena air hujan di jalan, bukan berarti ban sepeda motor sudah bersih dari zat yang dapat merusak ban.

Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal, produsen ban Indonesia, mengatakan, memang tidak ada perawatan khusus untuk ban pada musim hujan. Kualitas ban sudah dipersiapkan untuk kondisi suhu di wilayah yang menjadi tempat produk tersebut dipasarkan.

"Meski begitu, perawatan biasa dianjurkan untuk tetap dilakukan. Setiap berkendara melintasi genangan air yang disebabkan hujan, selalu bersihkan ban dengan disemprotkan air biasa saja," ujar Arijanto kepada Otomania, Selasa (2/2/2016).

Arijanto melanjutkan, ini dimaksudkan agar kualitas ban tidak terganggu dengan zat-zat yang menempel ketika melalui genangan air. Ini dilakukan karena tentunya air yang berada di jalan bisa jadi tidak bersih dari zat yang bisa merusak ban.

"Bersihkan saja dengan menggunakan air biasa sehabis berkendara. Kegiatan ini tidak memakan waktu banyak," ujar Arijanto.

Herry Maylanda, Training and Consumer Product Planning Manager PT Bridgestone Indonesia, menambahkan, ban memang hanya cukup dibersihkan dengan air bersih dan dilap menggunakan spons (busa).

"Lalu hindari penggunaan sikat yang kasar agar zat anti-aging yang ada pada permukaan ban tidak rusak sehingga ban tetap awet digunakan," ujar Herry.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa