Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Deteksi Oli Tidak Berkualitas

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 2 Februari 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania –
Keberadaan oli atau pelumas di dalam kendaraan sangatlah krusial. Namun, jangan pula menggunakan sembarang oli untuk mengawal kerja mesin kendaraan, karena akan merugikan nantinya.

Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training  Center Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, ada satu cara bagaimana mengetahui apakah oli yang digunakan berkualitas atau tidak. Salah satunya yaitu dengan melihat warna oli ketika dikeluarkan dari mesin.

“Jadi hanya melihat warnanya bisa diketahui kualitasnya. Maka dari itu perhatikan baik-baik saat mobil diservis, lihat apakah warna oli kotor atau tidak. Karena memang seharusnya oli yang sudah menetap lama di dalam mesin kemudian dikeluarkan, harus berwarna hitam atau kotor. Hal itu karena salah satu fungsi oli yaitu mengikis kotoran-kotoran yang menempel di dalam mesin. ” ujar Ichsan kepada Otomania,  Selasa (26/1/2016).

Ichsan melanjutkan, jika warnanya kehitaman dan kotor ketika dikeluarkan dari mesin, oli tersebut benar-benar bekerja membersihkan kotoran di dalam mesin. Sementara ketika oli dikeluarkan dari mesin dan warnanya terlihat tidak menghitam atau seperti saat pertama membeli, maka kemungkinan oli tidak menjalankan tugas dengan baik.

“Itu merupakan salah satu jurus yang bisa diaplikasikan pada masing-masing kendaraan. Ketika menggunakan oli untuk mobil maupun motor, sebaiknya memang mengikuti rekomendasi dari pabrik pembuat kendaraan,” ucap Ichsan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa