Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Telat Ganti Oli Transmisi Matik, Siapkan Jutaan Rupiah

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 22 Januari 2016 | 11:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Kendaraan dengan transmisi matik memang menawarkan kinerja lebih praktis, khususnya pada masyarakat perkotaan. Namun jangan lantas terlena dengan kelebihan tersebut, tanpa memperhatikan perawatannya.

Kendaraaan roda empat dengan transmisi seperti ini, sangat bergantung pada oli transmisi yang selalu dalam kondisi baik. Maka dari itu, harus diperhatikan terkait dengan pemeriksaan dan penggantian berkalanya

Iwan Abdurahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor mengatakan, oli transmisi matik jangan sampai telat diganti. Jika sampai terjadi, maka akan timbul masalah-masalah, yang akan membuat mobil tidak bisa digunakan.

“Akibat dari telat mengganti oli, yang paling terasa yaitu tenaga mobil akan berkurang, bahkan lebih parahnya lagi, mobil tidak akan bisa bergerak. Itu terjadi karena temperatur yang naik, kemudian efek pelumasannya berkurang,” ucap Iwan, Jumat (22/1/2016).

Iwan melanjutkan, terkait dengan biaya perbaikan kerusakan transmisi matik beragam. Tergantung dari jenis kendaraannya, namun pastinya tetap menyentuh angka jutaan rupiah.

“Kalau hanya clutch (plat kopling) ditambah jasa bongkar, tidak terlalu mahal tapi memang jutaan. Tentunya juga tergantung model mobilnya, karena harga part dan jasa tentu akan berbeda-beda. Secara kisaran, ada yang hanya jutaan, tapi ada juga yang sampai puluhan juta khususnya untuk mobil mewah,” ujar Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa