Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ritual Wajib Pemilik Skuter Modern

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 25 Desember 2015 | 10:01 WIB

Jakarta, Otomania –
Skutik Vespa Piaggio modern jika kendarai memang memberikan kesan tersendiri, dibanding ketika menggunakan kendaraan lain. Namun, jangan hanya nikmat mengendarai, tanpa mengerti apa yang harus dilakukan untuk perawatan.

Budiman, Manager Aldials, bengkel spesialis Vespa Piaggio mengatakan, kebanyakan orang hanya bisa menggunakannya, tanpa bisa merawat skutik italia ini. Entah karena memang tidak mengerti atau bisa juga karena malas.

“Apapun faktor penyebabnya, skutik ini harus diberi perhatian agar performa dan keindahan  tubuhnya tidak menurun,” ujar pria yang akrab disapa Qimuy kepada Otomania, Kamis (24/12/2015).

Pertama, kata Qimuy, untuk bagian luar terlebih dahulu (body), yang wajib deperhatikan yaitu setelah terkena air hujan, jangan dibiarkan begitu saja. Sebaiknya ambil air bersih dan bilas semua tubuhnya dari hingga bagian kolong.

“Pada Vespa modern, sudah banyak bagian-bagian yang dibuat dari bahan bahan chrome. Jadi kalau tidak peduli akan kebersihannya, siap-siap saja dipusingkan dengan karat. Kemudian juga pada bagian kolong, yang cukup dekat dengan komponen-komponen penting pada skutik, jadi harus selalu bersih agar tidak cepat keropos. Sehingga kerusakannya bisa merembet ke bagian mesin,” jelas Qimuy.

Kemudian yang kedua lanjut Qimuy, peraawatan bagian mesin. Ini merupakan hal umum dan sepele, namun banyak yang mengabaikannnya, yaitu rutin mengganti oli mesin. “Ingin jalan atau tidak skuter Vespa atau Piaggio-nya, minimal dua bulan sekali harus diganti, untuk menjaga keawetan mesin,” ujar Qimuy.

Ketiga, cara berkendara yang yang tidak ugal-ugalan. Perhatikan jalan rusak dan lubang, atur kecepatan agar goncangan sepeda motor tidak terlalu parahparah, yang menyebabkan injektor bisa patah. “Memang fatalnya injektor, tapi ada juga komponen lain yang akan terganggu, seperti soket-soket yang bisa terlepas,” ujar Qimuy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa