Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas, Jangan Asal Derek Mobil Matik

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 26 Januari 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania –
Memiliki kendaraan roda empat dengan transmisi matik, jangan diperlakukan sembarangan, termasuk ketika mobil akan diderek karena mogok. Jika salah mengangkat bagian mobil (depan atau belakang), komponen transmisi bisa mengalami gangguan.  

Iwan Abdurrahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor (TAM) coba memberikan tips ketika akan menderek mobil bertransmisi matik. Pastinya jangan sampai roda penggerak kendaraan yang menyentuh jalan.

“Seperti contoh Toyota Avanza matik dengan sistem penggerak roda belakang, jangan sampai di derek dengan cara di angkat bagian depan, sehingga roda belakang yang berputar di jalan. Seharunya roda belakang yang diangkat dan roda depan yang berputar,” ujar Iwan kepada Otomania,  Jumat (22/1/2016).

Iwan melanjutkan, jadi ketahui mobil anda bagian mana yang menjadi penggerak, roda depan atau belakang. Jika hal tersebut diabaikan, komponen bagian dalam pada transmisi akan terganggu. Karena diputar paksa secara terbalik, apalagi diderek dengan kecepatan tinggi.

“Normalnya, mesin yang memutar transmisi, kemudian berlanjut ke roda penggerak. Tapi kalau pada kasus mobil diderek, roda penggerak tersebut yang jadinya memutar transmisi, melalui propeller shaft, yang di dalamnya ada komponen one way clutch yang dipaksa memutar balik. Kondisi ini cukup riskan dan berbahaya bagi mobil transmisi matik,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, sebaiknya ketika akan menderek mobil matik, roda penggeraklah yang diangkat. Namun, jika ragu, akan lebih baik lagi kalau mobil digendong saja. “Tetapi kalau memang kondisi darurat dan posisi roda penggerak harus menyentuh aspal, kecepatan derek jangan sampai melebihi 30 kmj," ucap Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa