Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 19 Januari 2016 | 08:21 WIB

Jakarta, Otomania –
Para penggiat keselamatan berkendara seringkali mengingatkan, kalau berkendara itu merupakan full time job bukan half time job, jadi harus dilakukan serius. Hal ini pernah disampaikan Marcell Kurniawan, Trainer Director The Real Driving Centre dalam suatu kesempatan.

Maka dari itu, segala persiapan jangan sampai dilewatkan dengan sengaja, apalagi terkait dengan masalah keselamatan. Di dalam buku panduan Tertib, Aman, dan Selamat Bersepeda Motor di Jalan, yang diterbitkan Astra International bersama Korlantas dituliskan, pemanasan penting dilakukan sebelum berkendara.

Dengan melakukan pemanasan tersebut, seperti menggerak-gerakkan tubuh, dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Selain itu, juga bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, terutama otak.

Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak dan konsentrasi. Lebih dari itu fungsi lain dari pemanasan, yaitu untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan refleks yang bagus, ketika berada dalam kondisi yang mengharuskan untuk menghindar cepat.

Ketika mengendarai sepeda motor, keseimbangan wajib dijaga, maka pastikan tubuh dalam kondisi siap. Jadi penting, untuk melakukan pemanasan atau menggerak-gerakkan tubuh sebelum mengendarai sepeda motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa