Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Up Side Down" Yamaha Xabre Bisa Dipasang di V-Ixion

Stanly Ravel - Jumat, 29 Januari 2016 | 06:45 WIB

Jakarta, Otomania - Suspensi depan up side down yang digunakan Yamaha Xabre mengundang banyak ketertarikan. Dengan basis yang sama dengan V-Ixion dan R15 membuka peluang bagi pengguna kedua motor tersebut untuk mengaplikasi sok kekar milik keluarga baru naked bike Yamaha ini.

M. Abidin selaku GM Aftersales Service and Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa untuk pemilik V-ixion dan R15 yang mau menggunakan sok milik Xabre tentu bisa, tapi tetap ada syaratnya.

"Secara basik sama jadi bisa saja diaplikasikan, tapi Xabre memiliki dimensi yang lebih besar yaitu 37 mm, jadi kalau V-ixion mau pakai tentu harus satu set lengkap dengan segitiga, karena dimensi under bracket beda," ujarnya saat dihubungi Otomania, Kamis (28/1/2016).

Menurutnya, selain sok up side down, pelek lebar Xabre juga bisa sekaligus digunakan ke V-ixion. Hal ini justru lebih memudahkan karena tidak perlu lagi membuat dudukan as roda dan dudukan kaliper rem.

"Kalau untuk dimodifikasi dengan cara membubut segitiga bisa saja, tapi kami sangat tidak menyarankan karena ini masalah keselamatan. Jadi lebih baik satu set," ucapnya.


Estimasi Biaya

Kisaran harga sok upside down Yamaha Xabre sendiri diperkirakan Rp 5 jutaan, sedangkan untuk pelek dan lengan ayun belum ada kepastian harganya. Dibandingkan dengan memodifikasi V-Ixion menggunakan kaki-kaki Xabre, menurut Abidin jatuhnya akan lebih mahal.

"Untuk sok Rp 5 jutaan, tapi belum fix. Kalau diperkirakan total mengganti kaki-kaki Xabre ke V-ixion bisa habis sekitar Rp 12 - Rp 15 jutaan. Lebih baik jual V-ixion saja lalu naik kelas ganti Xabre sekalian," ucap Abidin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa