Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Yamaha Xabre dan R15 Beda Tipis

Stanly Ravel - Rabu, 27 Januari 2016 | 07:05 WIB

Nusa Dua, Otomania - Yamaha Xabre yang baru diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki kapasaitas mesin 150 cc. Mesin ini pun sama dengan yang digunakan oleh saudaranya, yakni R15.

Meski demkian tetap ada perbedaan yang sudah disesuaikan. M Abidin sebagai GM Aftersales Service and Motor Sport YIMM, mengatakan perbedaan dari keduanya adalah pada sistem engine control unit atau ECU.

"Sama mesin tapi beda setingannya, Xabre dirancang untuk segmen beda dan fungsinya juga lebih ke extreme fun riding, bukan ke arah yang sport," ucap Abidin saat berbincang dengan beberapa wartawan, Nuda Dua, Selasa (26/1/2016).

Menurut Abidin, hal ini dilakukan untuk membedakan secara fungsi dan kelas. Selain dari ECU, pembeda terbesar juga mengenai gaya berkendara, R15 dibuat benar-benar dengan model sport sejati.

Naik R15 membuat pengendara harus membungkukan badan, sedangkan Xabre justru kebalikannya.

"Xabre punya handle bar lebih besar yang membuat posisi berkendara lebih tegak, beda dengan R15. Bahkan bila melihat spek dimensi, lengan ayun Xabre juga dirancang lebih panjang 15 mm untuk mengejar kestabilan," ucap Dyon.

Tingkat kestabilan dari Xabre sendiri diklaim Yamaha cukup imbang diangka 50:50. Hal disebabkan fungsi beberapa fitur yang dibuat untuk memberikan sensasi berkendara yang fun.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa