Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan "Balapan Liar", Pakai Helm dan Motor Laik Jalan

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 13 Januari 2016 | 09:21 WIB

Jakarta, Otomania –
Aksi balapan liar masih banyak terjadi di Jakarta. Padahal pihak Kepolisian sudah sering melakukan razia dan penangkapan, tapi para pelaku seakan tak jera dan masih melakukan balapan.

Polisi tidak kehabisan ide, kali ini bukan penindakan hukum yang diterapkan, tetapi merangkul mereka dengan memberikan fasilitas buat balapan secara legal.

“Saat ini yang kami pilih adalah bukan penindakan secara hukum, seperti penangkapan, tapi mencoba untuk mengakomodir mereka. Namun ketika ini juga tidak menghentikan mereka, penindakan hukum kembali akan dilakukan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin, Selasa (12/1/2016).

Setelah difasilitasi, lanjut Risyapudin, pebalap liar tidak lagi bisa lagi berperilaku sembarangan dan melanggar hukum. Para pebalap harus menggunakan helm ketika balapan, harus memiliki SIM dan STNK, dan penyelenggaraan balap juga ditentukan lokasinya oleh kepolisian. Serta akan diberikan edukasi terkait olahraga balap.

“Ini jadi cara baru bagaimana tindakan ilegal mereka bisa bertransformasi menjadi sesuatu yang positif, yaitu menjadi pebalap resmi. Tidak hanya itu, pebalap liar yang berbakat juga akan di bawa untuk berlanjut menuju ajang balap lebih tinggi,” ujar Risyapudin.

Risyapudin menambahkan, sepeda motor yang digunakan, nantinya juga harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Seperti misalnya desain knalpot, kecepatan, dan harus lengkap komponen laik jalannya.

“Kami bersama pemerintah daerah dan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan terus melakukan terobosan dan inovasi. Kami berharap ini akan disambut dan berefek positif. Tidak hanya akan menghilangkan balap liar, tapi membangun olahraga balap di Indoensia,” tutur Risyapudin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa