Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Kontaminasi AC, Bisa Bikin Kompresor Jebol

Stanly Ravel - Selasa, 5 Januari 2016 | 17:29 WIB

Jakarta, Otomania - Sebagai zat pendingin dalam instalasi pendingin udara (air conditioner/AC), refrigerant yang baik dan dianjurkan saat ini adalah R134A. Jenis ini menggantikan model R12 yang sudah dilarang akibat kandungan zat HFC yang bisa merusak lapisan ozon.

Meski demikian, saat ini di bengkel-bengkel AC masih banyak yang menjajakan R12. Hal ini karena kebutuhan sebagian jenis mobil seperti keluaran 90-an yang masih mengunakan kompresor dengan asupan R12.

"Konsumsi refrigerant harus disesuaikan dengan jenis kompresor mobil, bila tidak sesuai bisa menimbulkan kerusakan. Saat ini banyak mobil baru yang sudah menggunakan jenis R134A terkontaminasi dengan R12, efeknya banyak masalah diinstalasi AC bahkan sampai kompresor jebol," ucap Workshop Manager PRO-Q, Heru Wibowo kepada Otomania, Senin (4/1/2015).

Untuk mencegah terjadinya kontaminasi, baiknya pemilik mobil rajin melakukan pengecekan kadar refrigerant yang digunakan. Untuk bengkel AC modern seperti PRO-Q, pengecekan dilakukan secara otomatis melalui komputer.


"Pengecekan kadar refrigerant di sini kami lakukan secara komputer menggunakan alat Neutronics. Selain bisa mendeteksi R12, udara dan jenis zat lain juga bisa dideteksi oleh alat ini," ucap Heru.

Menurutnya, asal mula kontaminasi refrigerant R134A dengan R12 bisa berasal dari mana saja, tapi paling utama biasanya berasal dari tabung gas yang digunakan. "Tabung gas berisi refrigerant yang sudah tertulis R134A masih bisa terkontaminasi dengan R12, hal ini mungkin terjadi saat pengisian ulang tabung," kata Heru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa