Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat AC Mobil, Jangan Abaikan Hal Ini

Stanly Ravel - Selasa, 15 Desember 2015 | 07:02 WIB

Jakarta, Otomania - Selain mesin mobil, sistem pelumasan juga ada pada komponen pendingin udara (air conditioner/AC). Namun, masih banyak yang tidak mengetahui, bahkan sampai ada yang membiarkan pelumas AC tidak diganti-ganti hingga bertahun-tahun.

Heru Wibowo selaku Workshop Manager dari PRO-Q yang merupakan bengekal spesialis perawatan AC mengatakan, sampai saat ini sosialisasi dan edukasi mengenai perawatan AC mobil masih sangat minim, bahkan pelumas di dalam instalasi AC saja banyak yang tidak tahu.

"Edukasinya memang masih kurang, banyak orang atau pemilik mobil yang tidak tahu bahwa komponen AC juga memiliki pelumas khususnya di kompresor yang menjadi jantung utama. Parahnya, oli tersebut sampai ada yang tidak diganti-ganti dan dibiarkan hingga bertahun-tahun," ujar Heru kepada Otomania, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, kebanyakan orang hanya peduli pada AC ketika fungsinya sudah tidak maksimal untuk mendinginkan kabin. Selama masih normal, pengguna mobil tidak akan membawa ke bengkel khusus untuk memeriksa kondisi pendingin udaranya.

"Ini realitas, orang tidak akan membawa mobil spesialis AC bila tidak mengalami masalah, harusnya ada waktu tertentu komponen AC mendapat perawatan. Kerusakan AC juga banyak, bukan hanya karena habis refrigerant (freon) dan kompresor saja, tapi ada banyak sebab lain seperti kurangnya perawatan," ucap Heru.

Usia pergantian oli serta kebersihan komponen instalasi AC juga wajib untuk dikontrol secara rutin. Hal ini menjaga agar umur pemakaian AC lebih panjang, serta udara yang keluar pada kabin selalau segar dan bersih.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa