Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Cepat, Kuras Oli Kompresor AC Mobil Tanpa Copot Baut

Stanly Ravel - Jumat, 18 Desember 2015 | 09:01 WIB

Jakarta, Otomania - Sama seperti oli pada mesin, komponen pendingin udara (air conditinoner/AC) pada mobil pun memiliki sistem pelumasan. Hal ini sering dilupakan oleh para pemilik mobil karena memang edukasi dan sosialisasinya cukup minim.

Pergantian oli pada AC mobil baiknya dilakukan saat jarak tempuh sudah menyentuh 20.000 km. Proses pergantian tetap membutuhkan waktu dan seperti ganti oli mesin mobil.

Namun bagi yang tak mau repot saat ini bisa datang ke bengkel PRO-Q yang menawarkan jasa pergantian oli sampai flusing refrigerant tanpa harus membongkar, bahkan tanpa menyopot baut. Alat ini diberi nama Kooltec-007, dan di Indonesia alat ini hanya baru ada beberapa unit saja.

"Kita buat mudah untuk konsumen, dengan Kooltec-007 semua pengerjaan dilakukan secara otomatis tanpa harus membongkar apa-apa pada komponen AC mobil. Mulai dari ganti oli, sampai isi refrigerant, alat ini bisa menyedot tanpa meninggalkan sisa," ucap Heru Wibowo, Workshop Manager PRO-Q saat bertemu Otomania, Senin

Selain bisa digunakan sebagai flushing oli dan refrigerant, alat ini juga bisa berfungsi untuk mendeteksi bila kerusakan pada sistem pendingin udara mobil. Bahkan bisa sampai mengecek kemurnian refrigerant yang digunakan.

Untuk proses pengerjaan, alat ini membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Prosesnya meliputi flushing refrigerant dan oli, lalu proses recovery, vacuum dan terakhir charging. Bila dibandingkan dengan cara manual, meisn ini dianggap lebih cepat dalam pengerjaan selain itu juga lebih detail saat pemeriksaannya.

"Untuk proses pengerjaan lebih cepat dibandingkan manual, karena bila cara biasa kan harus bongkar dan lepas-lepas baut segala. Selain itu pengencekan kebocoran dan kemurnian refrigerant yang digunakan juga bisa dideteksi dengan alat ini, jadi lebih lengkap dan akurat," ucap Heru.

Nah, bila ada yang tertarik bisa lengsung sambagi bengkel PRO-Q di jalan Taman Margasatwa no.15, Jakarta Selatan. Semua jenis mobil bisa ditangani di sini atau untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call center di 021-78832929.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa