Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Ideal Mengganti Oli Kompresor AC

Stanly Ravel - Selasa, 15 Desember 2015 | 08:01 WIB

Jakarta, Otomania - Kompresor menjadi salah satu komponen terpenting dalam instalasi pendingin udara (air conditioner/AC) di mobil. Selain melakukan perawatan dan pengecekan, sistem pelumasan juga menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan.

Sama dengan oli mesin, dalam jangka waktu dan jarak tertentu harus diganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah terjadinya keausan yang membuat lecet pada komponen yang bergesekan.

"Lama-lama oli juga bisa habis karena proses pembakaran dan kinerja yang terus menerus. Kompresor menjadi jantung pada AC, yang memiliki fungsi sama dengan mesin mobil. Bila di belah, komponen pada kompresor juag ada piston dan dinding piston, bayangkan bila bertahun-tahun tidak diganti," ucap Heru Wibowo selaku Workshop Manager dari bengkel PRO-Q kepada Otomania, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, pemilik mobil perlu mengantisipasi terjadinya kerusakan pada kompresor AC, terutama masalah pelumasan. Kinerja kompresor yang menyerupai mesin mobil juga membutuhkan kondisi oli yang prima.

"Ideal menganti oli kompresor AC itu setiap 20 ribu kilometer atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu satu tahun. Sangat menyulitkan bila kompresor sudah rusak, karena pasti akan memakan banyak biaya lagi, oleh karena itu lebih baik mencegah ketimbang mengobati," ucap Heru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa