Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hasil Konsumsi BBM Astra Daihatsu Ayla

Stanly Ravel - Selasa, 22 Desember 2015 | 09:01 WIB

Jakarta, Otomania - Sebagai mobil murah ramah lingkungan (LCGC/low cost green car) Daihatsu Ayla diwajibkan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini pun resmi menjadi salah satu syarat kelulusannya untuk dipasarkan di Indonesia.

Penasaran dengan hal ini, awak redaksi Otomania pun melakukan pengetesan menggunakan unit Ayla tipe tertinggi yang dilengkapi transmisi otomatis.

Untuk metode pengujian dilakukan dengan cara sederhana, yakni dengan berkendara berkeliling Jakarta dengan jarak dan gaya berkendara sehari-hari. Sedangkan pengukurannya berpatokan pada multi information display (MID) yang ada pada panel instrumen.

Setelah mengisi BBM menggunakan Pertamax, MID trip dan konsumsi bahan bakar disetel ulang dari posisi nol. Ruas jalan Ibu Kota menjadi trek lintasan pengujian redaksi Otomania dalam beberapa jam ke depan, termasuk ruas tol dalam kota.

Perjalanan dimulai dengan menelusuri kawasan yang rawan dengan kondisi kemacetan. Mulai dari Kuningan, Senayan, Cawang, sampai masuk ke Tol Dalam Kota

Bermodalkan mesin tiga silinder dengan kapasitas sebesar 998 cc dan tranmsisi otomatis empat percepatan ternyata tiap putaran tenaganya cukup responsif. Asiknya lagi, dengan dimensi yang mungil, Ayla cukup gesit ketika diajak menyalip di tengah kemacetan dalam kota.

Seperti biasa kondisi stop and go masih menjadi sajian utama di jalur macet, bahkan di beberapa ruas sampai harus menunggu antrean panjang guna melewati lampu merah. Untungnya Ayla memiliki tenaga bawah yang responsif, sehingga mudah untuk berakselerasi dan tidak ketinggalan saat mulai berjalan. 

Puas dengan jalur biasa, menjelang siang hari Ayla kami arah ke Tol Wiyoto Wiyono menuju Sunter Jakarta Utara. Dengan posisi yang cukup lengang, pola berkendara cenderung lebih konstan dengan kecepatan di atas 60 kpj. Bahkan sesekali, pedal gas justru ditekan habis ketika akan menyalip kendaraan di depan.

Setelah berkendara 4 jam lebih akhirnya sampai di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berada di Jl. Gaya Motor III Sunter II. Di sini total perjalanan Otomania sejak pagi hari sudah menyentuh angka 76 km, sedangkan konsumsi bensin yang tertera di layar MID sebesar 18,6 kpl. Artinya konsumsi BBM Ayla yang Otomania kendarai hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak hingga 18,6 km.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa