Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Etanol, "Minuman Baru" buat All-New Innova

Azwar Ferdian - Kamis, 17 Desember 2015 | 16:19 WIB

Jakarta, Otomania - Di Indonesia hanya dikenal dua jenis bahan bakar buat kendaraan darat, bensin dan solar. Tapi, ada keistimewaan pada mesin bensin baru All-New Innova, 1TR-FE 2.0L.

Mesin yang disematkan pada generasi baru Innova tersebut ternyata bisa menggunakan bahan bakar campuran etanol (etil alkohol). Fakta ini dijelaskan oleh Dadi Hendriadi, GM Technical Service Toyota Astra Motor, namun dikatakan penggunaannya bukan untuk Indonesia.

Baru di Amerika Serikat dan Brazil sebagai negara yang paling banyak memproduksi bahan bakar bercampur etanol (biofuel). Pemakaian biofuel jenis ini sedang meningkat di seluruh dunia karena bahan bakunya bisa berasal dari nabati seperti tebu, kentang, jagung, dan singkong, yang bisa diperbaharui.

Dadi menjelaskan, mesin-mesin baru Toyota sudah dikembangkan dengan memikirkan hal itu. Sebab di berbagai negara lain pemakaian bahan bakar mengandung etanol sudah umum dilakukan.

“Karena mesin tersebut bukan hanya untuk satu negara saja, jadi memang sudah bisa,” kata Dadi, Rabu (16/12/2015).

Sejak 2010, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah bisa memproduksi mesin berbahan bakar etanol, 2TR-FFV. Mesin ini berkapasitas 2.7L dengan rasio kompresi 1:12 menghasilkan tenaga 160 tk dan torsi 245 Nm. Mesin serupa dengan kode TR juga digunakan pada Innova dan Fortuner.

Mesin 2TR-FFV mulai diekspor keluar negeri pada 2011. Negara tujuannya Argentina dengan kuota 600 unit per bulan.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa