Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menguji Stabilitas Kijang Innova Terbaru di Lintasan Berkelok

Aris F Harvenda - Kamis, 10 Desember 2015 | 14:02 WIB
Bali, Otomania - Kijang Innova versi diesel memang punya kelebihan tersendiri dalam hal tenaga. Hal tersebut dibuktikan langsung Otomania.com dalam media test drive yang digelar Toyota Astra Motor (TAM) di Bali, 3 - 5 Desember 2015. Saat itu varian yang digunakan adalah G manual.

(Baca : Merasakan Tenaga Berlimpah Kijang Innova Diesel Baru)

Selain ubahan mesin dengan tenaga berlimpah, Toyota juga melakukan penyempurnaan dalam hal stabilitas. Faktor tersebut diklaim datang dari desain baru yang aerodinamis dan juga material dan setelan suspensi yang lebih mumpuni.

Limbung?

Salah satu yang jadi sorotan adalah gejala negatif pengendalian yang sempat jadi bahan pembicaraan pada varian terdahulu yaitu limbung. Pada Innova terbaru ada lekukan garis tajam pada body - terutama samping - punya fungsi untuk memberikan daya tekan yang baik.

Desain tersebut ternyata berhasil memperbaiki efek limbung pada MPV 7 penumpang tersebut. Meski tak sepenuhnya hilang namun hasilnya tergolong cukup baik. Hal tersebut dibuktikan saat manuver menyusul kendaraan.

Berkurangnya rasa limbung tersebut juga disumbang oleh adanya sirip di pilar A dekat spion dan lampu belakang.

Manuver

Saat melakukan manuver di lintasan berkelok yang cukup ekstrem di kawasan Bedugul, Bali, stabilitas Innova benar - benar terasa bedanya. Lebih mantap dikemudikan dan minim pergeseran body.

Meski putaran setir terasa agak berat namun respon rasio putar ban cukup baik. Bahkan saat keluar tikungan dengan kontur menanjak, pedal gas bisa ditekan untuk menambah kecepatan.

Namun pengemudi harus menyesuaikan dengan bukaan gas, apalagi jika menggunakan power mode. Akselerasi (torsi) yang berlebihan bisa mengakibatkan ban berputar di tempat kehilangan daya tekan (spin), dan body sedikit bergeser.

Kesimpulan

Urusan tenaga, Innova diesel terbaru memberikan sensasi yang luar biasa. Tenaga berlimpah, tidak boros, dan suara lebih halus. Untuk stabilitas efek limbung sudah berkurang. Kemampuan bermanuver lebih baik dan mantap dikendarai.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa