Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cat “Thermochromic” Pertama di Indonesia

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 30 November 2015 | 18:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta, Otomania –
Dunia modifikasi seakan tidak ada habisnya, selalu saja ada kreativitas dan keunikan yang muncul. Salah satunya yaitu cat mobil yang bisa berubah warna. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh suhu udara di sekitar mobil (thermochromic).

Memang teknik pewarnaan ini sudah ramai sejak 2013 lalu, namun belum sampai merambah ke Indonesia.Karena memang tekniknya yang sulit, sehingga banyak yang enggan melakukannya. Namun, rumah modifikasi Platinum Motorsport memecahkan teka-teki tersebut.

Melalui ajang kompetisi modifikasi bergengsi Hot Import Night (HIN), Platinum Motorsport pamerkan hasil karya cat thermochromic. Ini jadi perhatian tersendiri bagi para pengunjung. Sang teknisi berulang-ulang kali melakukan percobaan dengan meneteskan air dingin ke permukaan cat untuk memperlihatkan perubahan warnanya.

“Ini bisa dikatakan pertama kalinya di Indonesia. Kami penasaran ingin mencoba dan akhirnya berhasil. Kami aplikasikan ini di mobil Mazda MX-5 Miata lansiran tahun 2012,” ujar Ikhsan Talib dari Platinum Motorsport, Minggu (29/11/2015).

Ikhsan mengatakan, dalam proses awak dirinya mengaku melakukan ujicoba sampai 15 kali. Akhirnya setelah enam bulan melakukan trial and error tersebut, Ikhsan berhasil memecahkan teknik pengecatan tersebut.

“Mungkin karena faktor sulit dan butuh kesabaran ini, yang membuat para modifikator enggan untuk mencobanya. Cat ini akan berubah warna pada batas suhu 30 derajat celcius. Jika di atas 30 derajat maka akan muncul warna asli, namun jika di bawah suhu itu, akan berubah menjad warna hitam,” ujar Ihksan.

Namun, warna bisa disesuaikan dengan kenginan, kebetulan untuk projek satu ini, dirinya menggunakan warna hijau dan hitam sebagai warna perubahan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa