Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baru Bisa Nyetir? Kaki Kiri Dilarang "Nempel" di Kopling

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 26 November 2015 | 08:47 WIB

Jakarta, Otomania - Kopling jadi komponen penting pada kendaraan roda empat, entah itu yang bertransmisi manual maupun otomatis. Namun kali ini, pembahasan kopling difokuskan pada mobil dengan sistem perpindahan gigi secara manual.

Pastinya akan merepotkan, kalau tiba-tiba kopling rusak di jalan. Frans Manuel, pemilik bengkel Faith Autosevice mengatakan, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membuat kopling tidak cepat diganti.

“Jadi ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan, agar tidak sering bolak-balik bengkel untuk mengganti kopling,” ujar Frans, Rabu (25/11/2015).

Berikut tiga hal yang mungkin bisa diperhatikan, agar kopling tidak cepat diganti.

Pertama, ketika akan mulai berjalan dari gigi satu, gas jangan sampai ditekan melebihi 1.500 rpm, tanpa melepas kopling. Jika lebih dari 1.500 rpm dan mobil belum berjalan karena kopling masih ditekan, akan terjadi slip. Artinya slip di sini adalah putaran mesin lebih cepat dari putaran mobil (kopling).

“Jadi harus halus, pelepasannya. Antara kopling dan gas harus secara bersamaan melepas dan menekannya,” ujar mantan teknisi Toyota Tunas ini.

Kedua, ketika mobil sudah berjalan, jangan lantas terus-menerus meletakkan kaki di atas pedal kopling. Karena meski yang kita sadari kaki hanya sekedar menempel, tapi ternyata ada sedikit atau banyak penekanan yang kita berikan pada pedal. Jadi sebaiknya jauhi kaki dari pedal kopling.

Ketiga, manfaatkan rem tangan ketika berhenti pada jalan yang menanjak. Karena bagi beberapa pengendara, ada yang malas untuk melakukan ini, dan lebih memilih untuk menahan kopling setengah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa