Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahan Dapur Bisa Buat Awet Jok Motor!

Stanly Ravel - Selasa, 27 Oktober 2015 | 08:36 WIB

Jakarta, Otomania - Jok sepeda motor seolah seperti singgasana bagi setiap biker yang menungganginya. Untuk itu, wajib buat biker untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan jok, supaya tetap enak dilihat dan diduduki.

Melakukan perwatan kulit jok sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan melakukan sedikit perlakuan khusus ketika beraktivitas dan melakukan perawatan tambahan jika ada waktu luang.

"Kulit jok motor standar pabrikan umumnya punya kualitas yang baik dari yang variasi. Perawatan memang perlu, karena semakin sering digunakan pasti lama-lama ada bagian yang terkikis, belum lagi karena faktor lingkungan dan cuaca," ucap Joni spesialis bongkar pasang jok motor kepada Otomania di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2015).

Untuk mengatasi hal ini, Joni punya solusi mudah yang bisa dicoba. Cukup dengan mengandalkan sedikit tetesan minyak goreng pada lap, lalu digosokan ke permukaan kulit jok. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian dikeringkan lagi dengan lap bersih.

"Hasilnya kulit jadi jok bisa lebih lembab. Kalau rajin bisa membuat lapisan kembali hitam. Tidak perlu pakai pelembab atau cairan khusus, karena banyak mengandung kimia yang lama-lama bisa membuat lapisan justru habis, selain itu pasti tidak nyaman karena licin," ucapnya.

Selain megandalkan minyak goreng, Joni juga menyarankan agar tidak memakirkan motor di tempat terbuka yang terkena matahari. Salah satu faktor yang sering membuat kualitas lapisan jok menurun adalah akibat sering terkena sinar matahari.

Dampaknya bisa membuat lapisan sintetis kusam, rentan getas, sampai akhirnya bisa terkelupas dengan sendiri. Selain itu pori-pori pada busa jok juga bisa rusak yang membuat jok busa mudah kempis.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa